Peran Metaverse dalam Interior Desain

Dalam dunia digital sekarang ini perkembangan metaverse menjadi salah satu topik panas yang dalam sering diperbincangkan dalam perkembangan teknologi saat ini: metaverse, virtual reality dan perubahan dalam dunia industri sepertihalnya interior desain. 

Banyak orang awam yang masih bertanya-tanya apakah itu metaverse? Metaverse berfungsi sebagai istilah umum yang mencangkup serangkaian pengalaman yang sangat berbeda dalam lingkup virtual, contoh dalam dunia game yang sangat sukses sepertihalnya Roblox, dan penggunaan media virtual reality menggunakan oculus rift, augmented reality baik melalui perangkat seluler atau perangkat keras seperti headset. Semua itu didukung dengan perkembangan teknologi web3 (world wide web) dan NFT. 

Sumber : https://www.meta.com/quest/products/quest-2/ 

Pertama kita harus tau apa itu metaverse, metaverse adalah sebuah konsep mengacu pada gagasan dunia yang bersifat 3D yang dirender secara besar-besaran, dapat di operasikan, dan real-time yang dapat kita gunakan secara bersama dengan orang lain. Metaverse memberikan kesempatan kepada kita untuk hidup lebih menguntungkan, kaya, dan menyenangkan dalam kehidupan digital dari pada aplikasi digital desktop atau perangkat seluler 2D yang ada saat ini. Visinya adalah bahwa metaverse akan diakses melalui realitas virtual atau realitas virtual campuran yang dikenal sebagai augmented reality atau extended reality, misalnya meta quest 2 atau hardware virtual reality yang lain. 

Peranan interior desain dalam metaverse yakni menawarkan banyak peluang bahkan dalam proses pembentukan desain interiornya akan digunakan dalam metaverse, tidak seperti pada dunia nyata yang harus menggunakan lahan yang luas untuk pengaplikasian interior desain tersebut. Peranan penting metaverse bagi masa depan interior desain adalah interior desain dapat memiliki potensi untuk pengembangan interior desain secara besar-besaran dalam dunia metaverse contohnya kita bisa membuat bangunan beserta interiornya dalam sekala besar. Dalam pembuatan tersebut tentunya interior desainer akan dibutuhkan untuk mendesain dalam metaverse.  

Sumber : https://www.google.com/

Metaverse menciptakan peluang bagi interior desainer untuk lebih dari sekedar pengguna, kemudian dapat menjadi pencipta lingkungan itu sendiri. Secara potensial, ini membuka pendapatan baru sebagai interior desainer di dalam ruang virtual, desainer interior nantinya juga akan menjadi pemilik konten. Misalnya menjual beberapa edisi interior desain yang sama, atau mendasain dan menjual produk desain virtual atau skema interior. Peluang unik bagi interior desainer nantinya akan cenderung terikat pada eksekusi local (baik oleh tren gaya local). Contohnya interior jawa dalam virtual. 

Itulah peran metaverse dalam dunia interior desain semoga dapat memberi gambaran kepada pembaca artikel ini. 

Referensi : 

https://www.archdaily.com/975897/how-will-the-metaverse-be-designed 

Andhika Pramalystianto