Berkonsultasi Desain Interior Secara Virtual Pada Masa Pandemi Covid-19

Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing dikehidupan kita, bahkan tidak jarang kita menemui atau meggunakan teknologi komunikasi tersebut di kehidupan kita. 

Perkembangan teknologi komunikasi tentunya dapat dimanfaatkan bagi seorang desainer interior untuk berinteraksi secara virtual dalam hal mendesain. Perkembangan ini didasarkan dari kebutuhan manusia yang selalu ingin berinteraksi ke sesama manusia itu sendiri. 

Menurut Fitri Ariana Putri pada Jurnal Budaya Komunikasi Virtual Pada masa Pandemi Covid-19, budaya komunikasi virtual sebagai salah satu kebiasaan baru yang dilakukan pada masa pancemic covid-19 secara virtual. Komunikasi melalui virtual sering digunakan dalam agenda rapat atau pembelajaran pada masa pandemic covid-19 seperti zoom, skype dan media komunikasi virtual lainnya. 

Adanya pandemic membantu mempercepat penyebaran perkembangan teknologi komunikasi keberbagai negara. Akibatnya teknologi komunikasi virtual semakin dikenal luas dan menyebar dikehidupan manusia. 

Komunikasi virtual kini sudah menjadi budaya di seluruh Indonesia yang dengan mudahnya semua orang bisa saling berinteraksi, saling mengenal yang menjadikan jarak bukan menjadi alasan. Komunikasi virtual memiliki kelebihan: 

  1. Sebagai media komunikasi interaktif feedback yang terjadi dalam komunikasi interaktif terjadi langsung dari komunikannya. 
  2. Komunikasi bebas tanpa adanya jarak dan waktu. 
  3. Mengurangi biaya transportasi yang seharusnya digunakan untuk bertemu secara langsung. 

Pada dunia desain khususnya desain interior tentunya juga membutuhkan peran penting mengenai komunikasi, dikarenakan adanya pandemic yang datang tentunya diperlukan sarana komunikasi yang mendukung untuk proses berkonsultasi dalam desain interior khususnya untuk praktisi desainer interior ataupun dari client itu sendiri. Adapun media yang sering digunakan biasanya adalah media zoom.

Sumber : https://zoom.us/ 

Penggunaan media zoom sebagai sarana konsultasi digunakan dikarenakan memiliki beberapa fitur seperti halnya: 

1.HD audio dan video 

Hadirkan video dan audio HD ke rapat virtual dengan dukungan hingga 1000 peserta video dan 49 video di layar. 

2.Aplikasi tambahan untuk kolaborasi 

Dapat melakukan sharescreen dan melakukan anotasi dalam layar untuk rapat yang lebih interaktif. 

3.Rekaman dan transkrip rapat 

Merekam rapat secara local atau cloud dengan transkrip yang dapat di cari. 

4.Fitur kalender 

Mulai atau jadwalkan rapat dengan mudah menggunakan outlook, gmail, atau Icalendar. 

5.Fitur Chat 

Dapat melakukan kegiatan percakapan secara tertulis di dalam aplikasi zoom.

Sumber : https://zoom.us/ 

itulah salah satu cara komunikasi dalam desain interior pada masa pandemic covid-19. Semoga dapat memberikan informasi kepada pembaca artikel dalam menggunakan media komunikasi secara virtual. 

referensi: 

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/komunika/article/view/8646 

https://zoom.us/

Andhika Pramalystianto