METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN INTERIOR

Banyak diantara kita yang bergerak di bidang desain, sudah sering mendengar istilah “Design Thinking” sebagai sebuah teknik dalam mengembangkan suatu konsep desain. Namun, seberapa jauh kita mengetahui apakah itu Design Thinking dan bagaimana penerapannya dalam sebuah proses desain?.

Design Thinking adalah sebuah proses, pendekatan, atau metode berpikir untuk mencari suatu solusi yang inovatif atas suatu permasalahan dengan cara yang kreatif dan berfokus pada sisi manusia. Metode Design Thinking itu sendiri memiliki alur khusus dalam proses berpikir yang adalah sebagai berikut:

  1. Emphatize

Pada tahapan ini, seorang desainer harus belajar untuk memahami kebutuhan klien dengan baik. Konsep emphatize disini adalah seorang desainer harus memiliki keahlian untuk untuk berusaha membayangkan bagaimana perasaan atau tindakan Anda jika Anda berada dalam situasi yang sama dengan orang yang dituju, dalam hal ini adalah klien.

  1. Define

Pada tahapan ini, data yang terkumpul pada tahapan emphatize untuk selanjutnya dipilah, dianalisa dan disimpulkan dalam sebuah mindmap sehingga menjadi sebuah problem statement yang spesifik.

Tahapan ini adalah tahapan eksperimental dimana hasil problem statement tersebut dikembangkan kedalam brainstorming ide solusi-solusi yang tanpa batas / out of the box. Inovasi desain muncul dalam tahapan ini, selama tidak terlalu banyak batasan-batasan ide yang diterapkan.

  1. Prototype

Tahapan ini adalah tahapan eksperimental dimana ide-ide yang sudah disusun dijadikan prototype/purwarupa dalam bentuk fisik, sehingga dapat dilihat, diuji, dan dianalisis secara langsung. Dalam membuat prototype, harus dapat diputuskan dengan baik jenis prototype yang akan dibuat dan dijadikan sample.

  1. Test

Prototype yang telah dibuat harus ditest untuk meminimalisasi kegagalan produksi dan apabila ada kesalahan, desainer dapat kembali ke tahap sebelumnya untuk melakukan iterasi, perubahan, dan penyempurnaan lebih lanjut

 

 

Ira Audia Agustina, S.T., M.Ds.