UNIVERSAL DESIGN PADA SIGNAGE DAN WAYFINDING

Universal Design adalah sebuah konsep dalam perancangan yang mengedepankan desain yang dapat diakses, dipahami, dan digunakan oleh sebanyak mungkin orang tanpa memandang usia, ukuran, kemampuan ataupun kecacatan mereka. Sebuah lingkungan binaan (ataupun bangunan, produk, maupun servis) haruslah dirancang sedemikian rupa agar dapat mengakomodasi kebutuhan setiap orang yang menjadi penggunanya. Universal Design bukanlah sebuah pengkhususan bagi populasi minoritas yang memiliki kebutuhan tertentu, melainkan konsep ini adalah standar yang fundamental bagi sebuah desain untuk dapat dianggap sebagai desain yang baik.

Universal design sendiri memiliki 7 prinsip dalam pelaksanaannya, yaitu:

Principle 1: Equitable Use

Sebuah desain harus dapat berfungsi dan marketable bagi setiap orang dengan kemampuan yang berbeda.

Principle 2: Flexibility In Use

Sebuah desain harus dapat mengakomodasi secara luas kebutuhan dan kemampuan individual.

Principle 3: Simple and Intuitive Use

Sebuah desain harus dapat dipahami dengan mudah, terlepas dari pengalaman pengguna, pengetahuan, keterampilan bahasa, hingga level konsentrasi pada saat itu.

Principle 4: Perceptible Information

Sebuah desain harus dapat mengkomunikasikan informasi penting secara efektif kepada pengguna, terlepas dari kondisi lingkungan sekitar ataupun kemampuan pengindraan seseorang.

Principle 5: Tolerance For Error

Sebuah desain meminimalisasi munculnya bahaya maupun konsekwensi yang merugikan dari Tindakan yang tidak disengaja.

Principle 6: Low Physical Effort

Sebuah desain dapat digunakan secara efisien dan nyaman dengan tingkat kelelahan yang minimum.

Principle 7: Size and Space for Approach and Use

Ukuran dan ruang yang sesuai disediakan untuk pendekatan, jangkauan, manipulasi, dan penggunaan terlepas dari ukuran tubuh, postur, atau mobilitas pengguna.

 

Biasanya, prinsip Universal Desain sering diaplikasikan pada perancangan arsitektural dan bangunan. Namun, prinsip-prinsip Desain juga dapat diterapkan pada Signage dan Wayfinding pada sebuah area indoor maupun outdoor. Prinsip penerapan Universal Desain pada Signage dan Wayfinding adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dimengerti dan dibaca oleh semua orang tanpa batasan usia, ras, maupun disabilitas tertentu.
  2. Bilingual / Multilingual
  3. Tahu kapan saat menggunakan Braille text ataupun tidak.

 

Signage & wayfinding merupakan elemen yang penting pada suatu area public agar ruang tersebut dapat diakses secara nyaman oleh banyak orang. Dengan penggunaan Signage & wayfinding yang berkonsep universal, maka akan lebih meningkatkan pengalaman ruang pada pengunjung.

 

Ira Audia Agustina