Perkembangan Furniture Western Classic

Mebel digunakan sebagai sarana untuk menghadirkan citra pemakainya untuk menampilkan kekuasaan dan kemewahan bagi penguasa pada zamannya. Hal ini terbukti dari kelahiran beberapa gaya desain mebel klasik yang cenderung mencerminkan eksistensi dari penguasa, termasuk para bangsawan dan raja pada saat mereka berkuasa.

Desain-desain mebel klasik banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur gereja yang bersifat religius dan sakral, sehingga karakteristik yang ditampilkan dalam desain mebel pada umumnya senada dengan gaya arsitekturnya pada zamannya. Kelas-kelas penguasa sudah menggunakan kursi dalam ruang dengan desain yang proporsi, geometris, simetris untuk menampilkan kekuatan dan kelestarian. Mebel-mebel untuk menduduki orang dijadikan titik awal bagi perkembangan gaya mebel Eropa.

Pada zaman itu, kursi hanya dapat digunakan bagi orang-orang tingkat tinggi sebagai simbol yang memperlihatkan kehormatan. Ukiran-ukiran yang menyerupai kaki binatang seperti sapi atau singa diterapkan pada bagian kaki kursi. Hiasan-hiasan yang rumit, bergulung-gulung, dan bergelora, serta sarat dengan unsur dekoratif pada zaman Mesir, Yunani dan Roma menjadi ciri khasnya perkembangan desain mebel klasik Eropa.

 

Secara ringkas desain  mebel  klasik  dan      klasik  Eropa  memiliki karakteritik sebagai berikut,

–           Desain yang dibuat bertujuan untuk memperoleh kebanggaan, kemewahan atau bensi sosial, serta untuk melegitimasi kekeuasaan raja

–           Produk tidak dibuat secara masal

–           Desain dikerjakan oleh seniman

–           Desain cenderung eksklusif

–           Desain yang mayoritas penuh dengan hiasan dan produk dikerjakan oleh tukang kayu

–           Bersifat kerajinan tangan dan dibuat secara manual

–           Desain dibuat berdasarkan raja atau bangsawan

–           Kemampuan atau keterampilan yang digunakan berlandaskan pada tradisi alamiah secara turun-temurun.

–           Esensi gaya desain mebel klasik berpijak pada konsep fungsi harus mengikuti makna bentuk dan ornamen

 

Perkembangan furniture western classic dibagi dalam 3 waktu yaitu: Ancient Furniture, Medieval Furniture, dan Modern Furniture

 

-Ancient Furniture

Ancient furniture adalah furniture tertua, umur dari furniture ini bisa dari 5 abad sebelum masehi. furniture ini terbuat dari kayu sehingga mudah sekali membusuk seiring waktu, namun ada beberapa yang bertahan karena cuaca iklim yang extrem sehingga menunda waktu pembusukan tersebut, contoh saja seperti di Mesir.

 

-Medieval Furniture

Medieval Furniture berasal dari jatuhnya Kaisar Romawi terakhir pada 476 M, hingga jatuhnya Konstantinopel pada 1453, adalah era dimana furniture mulai menampakkan pengembangan karakteristik modernnya, Furnitur abad pertengahan terutama terbuat dari kayu ek, karena mudah diperoleh, kuat dan tahan lama. Karena pada abad ini kerajaan masih terbentuk ,Furniture pada abad ini biasanya menggunakan desain yang rumit juga warna yang terlihat agak kuning, kadang bahan yang digunakan adalah kulit dan kayu.Furniture penting yang ada pada era ini adalah peti, Jenis peti yang dikenal sebagai kandang dapat digunakan untuk mengemas barang-barang rumah tangga saat bepergian, tetapi juga digunakan sebagai tempat duduk, meja, dan sofa. Saat tidak bepergian, kadang digunakan untuk penyimpanan.

 

-Modern Furniture

Pada abad ke 19 desain furniture kian berubah, desain furnitur sering kali rumit mulai berubah kearah simple dan fungsional. Pada abad ini manusia mulai menggunakan bahan lain untuk membuat furniture yaitu besi, plastik, maupun keramik, yang pada dahulu orang orang hanya bisa membuat furniture hanya menggunakan kayu. Desain mulai berbeda setiap furniturenya, dimana ada diantaranya mudah dipasang dan dilepas, sehingga memudahkan dalam pemindahan furniture.

Furniture di masa modern juga mudah dipasang dimana saja, sehingga mudah untuk menghemat tempat di lahan yang sempit tapi tetap berguna untuk fungsi furniture tersebut

 

 

 

Untuk lebih lengkapnya

1.Ancient Furniture: Ancient Egypt Furniture→ Assyria Furniture→Ancient Greek Furniture→Ancient Roman Furniture

  1. Medieval Furniture: Byzantine Furniture→ Imitation Roman furniture→Gothic furniture
  2. Modern furniture: Renaissance furniture→Baroque furniture→ Rococo furniture→Neoclassical furniture
Ahmad Fathoni Ambia (2501987015), Muhammad Imron (2502030044), Bayu Ari Prasetyo (2502062456)