Kesalahan Menata Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan ruang yang dimana sebuah keluarga meluangkan waktunya untuk “family time”. Ruang keluarga merupakan pusat ruang yang paling penting karena merupakan pusat kehidupan didalam rumah. Yang perlu dihindari dalam ruang keluarga agar tidak merusak suasana adalah sebagai berikut.

  1. Hindari warna monoton. Warna yang terlalu monoton akan memberikan kesan yang sangat buruk. Usahakan jika ingin menghidupkan ruang keluarga dengan memberikan warna dengan aturan 80:20. Yaitu 80% warna netral dan 20% warna cerah atau sesuai dengan keinginan keluarga anda.

  1. Pencahayaan yang cukup. Desain tidak hanya cukup yang bagus saja. Tetapi pilihlah lampu yang cocok pada malam hari yang warna lampu yang mendukung suasana ruang keluarga dan jangan lupa jika menggunakan pencahayaan alami berupa matahari seimbangkan jendela atau bukaan yang cukup.

  1. Berikan Lukisan/Gambar. Memberikan Lukisan/gambar dapat membuat suasana ruang terlihat hangat atau sebaliknya. Guna gambar/lukisan ini haruslah ditata sesuai dengan jarak pandang yang tepat agar tidak membuat yang melihat dapat menikmatinya.

  1. Menambahkan karpet kecil. Karpet dengan tiper bulu akan memberikan kesan hangat, nyaman dan aman dari benda tajam. Karpet dapat memberikan pemandangan yang sempurna karena dapat menutupi beberapa motif yang tidak diinginkan pada lantai.

  1. Ukuran furniture. Ukuran furniture juga memberikan kesan yang berat atau kesan yang ringan pada sebuah ruang. Sebaiknya ukuran furniture disesuaikan dengan ukuran ruang keluarga agar tidak terasa sempit/sesak saat melihat secara visual dan sirkulasi udara serta pejalan kaki tidak terganggu.

Itulah beberapa tips dalam menata ruang keluarga yang tepat. Semoga dapat membantu para pembaca artikel ini mendapat inspirasi dalam mengelola ruang keluarga yang harmonis.

Baskoro Azis