Implementasi Teknologi Masa Depan dalam Interior Ruang

By: Erica Agatha S.

Jika sudah membahas mengenai teknologi masa depan maka tidak dapat lepas kaitannya dengan teknologi. Perkembangan zaman memang memberi banyak perubahan dalam hidupmasyarkat dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang teknologi. Banyak inovasi dalam bidang teknologi yang telah berkembang dan hadir dalam kehidupan masyarakat saat ini. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Teknologi hadir membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Mayoritas dari masyarakat saat ini tidak dapat lepas dari teknologi dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Semakin banyak kebutuhan manusia, maka semakin banyak terciptanya teknologi. Tidak menutup kemungkinan bila di masa depan akan banyak teknologi masa depan yang semakin canggih.

Teknologi yang menampilkan efek visual saat ini sudah banyak digunakan baik dalam public space maupun private place. Teknologi biasanya digunakan dalam bentuk suatu kegiatan atau acara tertentu. Dengan menggunakan efek visual yang menarik maka akan memberikanpengalaman tersendiri bagi pengguna. Tidak hanya konten dari efek visual yang luar biasa menggunakan teknologi terutama dalam interior akan membuat ruangan ini memiliki story yang bermakna.

Dalam pendekatan menggunakan lewat efek visual digital akan menghasilkan dampak yang lebih besar karena dapat membawa pengguna untuk masuk ke bagian dalam story yang ingin ditampilkan. Dapat mengajak pengguna untuk berpartisipasi dalam suasana, pesan, serta terlibat di dalamnya. Dengan cara ini, pengguna akan lebih memahami pesan karena merasa ada di dalam cerita tersebut. Apa saja teknologi masa depan yang bisa diimplementasikan dalam interior ruang?

Virtual Reality

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang menempatkan pengguna untuk masuk ke dunia digital, sehingga dapat merasakan secara langsung suasana di dalam dunia digital dan dapat berinteraksi dengan objek digital. VR dapat digunakan lewat indera manusia misalnya pengelihatan, pendengaran, sentuhan, dan lain-lain. Sehingga penggunaannya memerlukan headset, sarung tangan, Threadmeal khusus VR, dan lain-lain.
Dalam interior sendiri penggunaan VR biasanya digunakan untuk memberikan pengalaman bagi orang yang ingin merenovasi atau mendesain bagian interior rumah, kantor, dan ruangan lain sehingga dapat sesuai keinginan. Biasanya menggunakan aplikasi model 3D dimana dapat menggunakan katalog furnitur maupun dekorasi interior yang diperlukan dalam ruangan tersebut serta dapat menyesuaikan warna, material, ukuran, desain, dan lain-lain. Saat denah lantai sudah dibuat, aplikasi akan secara otomatis manampilakan lingkungan ruang secara 3D sehingga pengguna dapat menempatkan dirinya dalam ruang yang akan dibuat. Teknologi VR dalam interior dapat mengkomunikasikan perencanaan yang diingikan pengguna dengan lebih baik pada setiap tahap proses perancangan dengan klien maupun rekan kerja di seluruh dunia, dapat secara drastis mengurangi kebutuhan akan perancangan dan perubahan ulang. Sehingga banyak perusahaan atau individu yang berkecimpung di bidang bangunan meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan pertemuan virtual ke platform VR.
Meskipun teknologinya masih pada tahap yang relatif dini, karena semakin banyak model dan katalog 3D yang dimasukkan ke dalam alat VR, pastinya akan secara global membuka kemungkinan bagi orang-orang yang berencana merenovasi atau bahkan menyegarkan ruang kerja maupun ruang kerja secara virtual dan nyata.

Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menampilkan/merubah objek digital buatan di dunia nyata. Lewat teknologi ini, pengguna dapat melihat secara langsung objek digital dengan bantuan media seperti handphone/tablet, LCD, dll. AR sejatinya cukup dekat dengan kita salah satu contohnya yaitu filter Instagram ataupun story. Fitur tersebut membaca wajah atau menambah unsur digital misalnya dengan menambahkan perona pipi atau bibir pada swafoto. Penggunaan AR dapat dengan mudah dijumpai karena pengaplikasiannya yang dapat dilihat mmelalui handphone/tablet atau media digital lainnya. Dalam interior penggunaan AR biasanya untuk bagi orang yang ingin mendekorasi rumah tanpa harus membeli barang terlebih dahulu, bagi yang berprofesi sebagai arsitek atau desain interior untuk merancang interior suatu bangunan, dan terakhir untuk pengusaha maket bangunan atau desain interior property bagi klien.
AR diimplementasikan menggunakan aplikasi terkait dimana dapat menampilkan 3D interior suatu bangunan seperti furniture, bangununan maket, dan lain-lain. Hal ini sangat membantu dalam bidang perencanaan dan menghemat biaya produksi dari bidang desain interior maupun arsitekturnya.

Apa perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality?
 Virtual reality adalah meggant dunia nyata ke dunia maya baru sementara Augmented
Reality hanya menambahkan dunia nyata dengan unsur digital.
 Pengguna VR secara langsung akan berpindah dari dunia nyata ke dunia nyata lewat panca
inderanya,s edangkan AR tetap berada di dunia nyata.
 VR menggunakan perangkat khusus yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan AR bisa menggunaka Handphone/Tablet dimana sebagian besar masyarakat
menggunakannya.
Apa persamaan Virtual Reality dan Augmented Reality?
 Sama-sama teknologi digital yang menggunakan pengalaman pengguna untuk menggunaan
fitur atau aplikasi yang disediakan.

 

Referensi:
Hidayati, Khairina F. (2021). Meski Mirip, Ini Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality. Glints. Diambil 11 Desember 2021 dari https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-vr-dan-ar/#.YblPwL1BxPY
Nugraha, Jevi. (2021). 7 Teknologi Canggih Masa Depan, Perlu Diketahui.

Merdeka.com. Diambil 11 Desember 2021 dari https://www.merdeka.com/jateng/7-teknologi-canggih-masa-depan-perlu-diketahui-kln.html

Daniel. (2020). Augmented Reality & Virtual Reality. Hologram Indonesia. Diambil 11 Desember 2021 dari https://hologramindonesia.com/augmented-reality-virtual-reality/Hidayat. Feriawan. (2018). Conwood Kenalkan Teknologi VR untuk Dekorasi Rumah.

Berita Satu. Diambil 11 Desember 2021 dari https://www.beritasatu.com/archive/483577/conwood-kenalkan-teknologi-vr-untuk-dekorasirumah
Pascal. (2017). Desain Ruangan Anda dengan TrueScale VR. VR Station. Diambil 11 Desember 2021 dari https://vrstation.id/2017/12/21/desain-ruangan-anda-dengan-truescale-vr/Smarteye.id. (2020). Contoh Penggunaan Augmented Reality Terpopuler. Smarteye.id.
Diambil 11 Desember 2021 dari https://www.smarteye.id/blog/contoh-penggunaan-augmented-reality/