APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SIGNAGE & WAYFINDING?

By: Ira Audia A.

 

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SIGNAGE & WAYFINDING?

 

Mungkin kalian semua pernah mendengar mengenai istilah signage & wayfinding, namun belum banyak yang memahami artinya. Banyak juga yang mengira bahwa kedua istilah itu adalah hal yang sama, meskipun sebenarnya signage dan wayfinding adalah hal yang berbeda sama sekali. Berikut perbedaan antara signage & wayfinding:

1. Signage
Signage adalah sekumpulan tanda maupun identitas visual yang ditujukan untuk membantu orang untuk menentukan dan menemukan arah melalui lingkungan sekitar. Dalam buku Rubensten (1992) mengemukakan bahwa signage memiliki 4 fungsi utama yaitu:
– Identitas mall
– Rambu-rambu lalu-lintas
– Identitas komersial
– Tanda tanda informasi
Secara singkat, signage lebih merupakan pengejawantahan dari wayfinding yang tervisualisasikan melalui pictogram, visual graphic, maupun papan penunjuk arah.

Gambar: Contoh signage pada suatu ruang publik

2. Wayfinding

Wayfinding adalah keseluruhan konsep dari suatu visual bangunan/ruang/area yang berfungsi untuk menciptakan suatu bentuk mental map pada pengunjung terhadap suatu lokasi/ area/ lingkungan yang dituju. Sehingga, pengunjung memiliki gambaran mengenai karakteristik area/bangunan, dan ketermudahan akses untuk setiap ruangannya.

Gambar: Contoh wayfinding untuk museum

Apakah seorang Interior Designer juga harus mempelajari mengenai ilmu Signage & wayfinding? Tentu saja jawabannya perlu dikarenakan signage & wayfinding sendiri adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam perencanaan ruang. Perencanaan signage & wayfinding yang jelas pada suatu ruang juga memberikan kesan ruang yang baik bagi pengunjungnya.

Source:

1. Chris Calori, David Vanden-Enyden (2015). Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems. 02. Wiley. New Jersey. ISBN-13: 978-1118692998

Baskoro Azis