Tips Mengatur Kamar Tidur

By: Baskoro Azis

 

Tips Mengatur Kamar Tidur

Siapa sih yang ingin melihat kamarnya terlihat “WOW”? Pasti akan terasa gembira saat ada di dalam ruangan yang kita inginkan. Apa lagi ketika barang-barang tidak memenuhi ruangan dan rapi.

Buat anda yang memiliki kamar yang terbatas ukuran ruangannya, mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif atau ide untuk memaksimalkan ruang kecil anda. Berikut adalah tips-nya.

  1. Terapkan Konsep Minimalis

Menerapkan konsep minimalis bukan semena-mena menata kamar tidur langsung bergaya desain minimalis, melainkan menata atau menyusun furniture yang mengutamakan fungsi yang cocok untuk kamar tidur saja. Memilah furniture yang anda butuhkan saat menata kamar tidur, misalnya lemari, tempat tidur, dan meja kerja.

Jika ada furnitur yang nggak terlalu dibutuhkan, dapat dipindahkan ke ruang lainnya atau menggunakan furnitur yang multifungsi atau dijual saja jika benar-benar tidak dibutuhkan.

 

  1. Menyesuaikan Kebutuhan Personal

Konsep minimalis sangatlah menguntungkan untuk pemilik rumah. Akan tetapi, konsep ini berbeda setiap orang. Selain tempat tidur, kasur, dan lemari pakaian, kadang kamar tidur nggak berfungsi maksimal kalau tidak ada meja besar/kecil atau lemari. Intinya, menyesuaikan furniture dengan kebutuhan adalah sebagai prioritas utama. Jika anda yang lebih memiliki banyak barang, gunakanlah perabot yang memiliki ruang penyimpanan besar.

Jika anda single atau berkeluarga, silahakn memilih kasur yang tepat bisa single bed untuk yang sendirian dan minimal queen size untuk yang berkeluarga.

  1. Menggunakan Perabot Multifungsi

Penggunaan perabot multifungi akan mempermudah penataan barang kecil lebih ringkas, membuat ruangan terlihat leih ruas dan rapi. Dengan ide-ide penggabungan 2 atau 3 fungsi menjadi 1 akan lebih mempermudah memilah dan meletakkan barang. Contohnya, kasur dan lemari baju, lemari baju dan meja-kursi dan banyak lagi.

  1. Menggunakan “Pegboard” untuk Barang Kecil

Selain dengan gantungan baju, pegboard akan memaksimalkan bagian dinding dan memberikan aksen yang berbeda pada ruangan dengan pola pegboard itu sendiri. Pegboard dari kayu sangatlah multifungsi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai rak buku, gantungan baju, dan mood board.

Pegboard biasanya dibuat dari multipleks (plywood) sehingga memiliki daya beban yang kuat. Karena fungsi meletakkan barang yang begitu efisien, menata kamar tidur pun jadi lebih efektif.

Sekian dari tips yang bisa saya berikan, semoga membantu anda dalam mengatur kamar tidur kecil anda menjadi nyaman.

Baskoro Azis