Mellani Vionita, Finalis IFCA (Indonesia FAshion and Craft Award) 2020

Tahun 2020 merupakan penyelenggaran kompetisi Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) yang ke- 5 kalinya sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015. Nilai lebih yang ditawarkan oleh IFCA adalah bukan semata kompetisi di bidang desain produk fesyen dan kriya, namun juga mengedepankan nilai-nilai sustainability, yaitu bagaimana suatu desain memiliki tidak hanya memiliki nilai komersial namun juga menawarkan solusi bagi permasalahan sosial maupun lingkungan (Planet – People – Prosperity).

Pada even ini, Memey mengikuti lomba ini dengan konsep sebagai berikut.

Saat ini, banyak sekali produk makanan dan minuman yang menggunakan kemasan berbahan dasar plastik dan styrofoam. Kemasan yang dipakai secara umum hanya digunakan satu kali dan setelah itu dibuang. Menumpuknya sampah plastik dan styrofoam dimana waktu untuk terdegradasinya lama, dapat mencemari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dengan teknologi yang ada, industri saling bersaing menciptakan produk ramah lingkungan terutama kemasan makanan dan minuman. Dari permasalahan tersebut, BAMBO+ hadir untuk turut membantu menciptakan kemasan makanan dan minuman yang ramah akan lngkungan dan dapat digunakan berulang kali. BAMBO+ adalah produk botol dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan yaitu Bambu, stainless steel¸dan food grade silicone. Desain dari botol ini sendiri terinspirasi dari bentuk toples kaca makanan ringan.  BAMBO+ memiliki target konsumen yaitu anak-anak (baik untuk perempuan maupun laki-laki) dan untuk remaja hingga dewasa awal perempuan. Bentuk yang dinamis dan tidak ada sudut tajam, serta bahan yang ramah lingkungan, sangat aman untuk anak-anak.

               BAMBO+ sendiri merupakan produk botol yang tidak hanya memikirkan dari segi keindahan dan ergonomis, namun juga ingin memberikan value serta experience baru bagi konsumen. BAMBO+ mendukung gerakan GO GREEN atau ramah lingkungan, mendukung gerakan produk lokal, serta memberikan kesan pertama yang baik dan high quality dari segi desain maupun penggunaannya. Dan tentunya, BAMBO+ ingin mendorong industri lokal agar dapat bersaing dengan produk-produk luar negeri atau bertaraf internasional.