Compact House untuk masa depan

by. : Baskoro Azis, S.T., M.T.

Apakah anda sudah mengenal Compact House? Atau Rumah Terpadu?

Jika belum mengenal, maka setelah anda mengenal Compact House maka rumah ini akan menjadi salah satu pilihan anda yang baru menjadi pasangan rumah tangga muda.

Rumah terpadu adalah rumah yang terbangun di lahan yang sempit. Biasanya terdiri dari 1-4 lantai. Rumah ini akan menjadi trending dimasa depan. Contohnya, Negara Jepang sudah menerapkan Compact House ini untuk mengatasi terbatasnya lahan, solusi harga tanah dan konstruksi rumah yang mahal, dan cukup sederhana.

Untuk pasangan muda, rumah ini cocok sekali dengan konsep ramah lingkungan, modern dan minimalis. Selain itu, Compact House identik dengan warna monokrom atau warna netral (hitam, abu-abu, putih, dan warna coklat/warna kayu).

Prinsip Compact House adalah rumah yang memanfaatkan dan memaksimalkan ukuran lahan yang sempit atau terbatas dengan meminimalkan kebutuhan ruang dengan prioritas yang dibutuhkan dan yang tidak diperlukan atau dijadikan satu fungsi atau multifungsi. Rumah ini memiliki teras dan ruang kosong cukup luas dilahan yang sempit.

Contoh: MO House karya arsitek Mande Austriono  (Lantai 1)

Contoh: MO House karya arsitek Mande Austriono ( lantai 2)

Contoh: Tampak Depan MO House karya arsitek Mande Austriono

Contoh: MO House karya arsitek Mande Austriono

Rumah ini diciptakan dengan konsep meminimalkan sekat antar ruang untuk menciptakan kesan lapang dan luas. Untuk penataan perabot rata-rata banyak ayng menempel di dinding. Biasanya menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat ke area ruang keluarga.

            Pada rumah ini, jika membutuhkan ruang lebih maka akan dibangun secara vertikal (ke atas). Penambahan lantai akan terjadi jika fungsi ruang yang diinginkan masih kurang pada lantai 1. Biasanya, pada penambahan lantai secara vertikal dan berupa kamar tidur atau tempat berkumpul. Selain itu, ada yang membuat void (area terbuka/berlubang/plafon ganda) pada lantai 2 atau lebih. Ada juga yang membuat konsep mezzanine agar sirkulasi udara, pencahayaan alami serta kebutuhan ruang dapat terpenuhi.

Contoh: Mezzanine Mo House

Sekian penjelasan tentang Compact House, semoga membantu anda dalam membeli rumah masa depan untuk anak anda atau pasangan muda yang baru menikah.