Christina, Pemenang Lomba OCIC (Open Call Indonesia Creation) 2020

Bawang Merah Sumber Inspirasi

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan itu bisa muncul dari diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar seperti keluarga dan masyarakat. Begitu pula yang dirasakan oleh Christina Avida yang memiliki kebiasaan unik yaitu mengonsumsi bawang merah dimana kebiasaan ini adalah kebiasaan favorit dari keluarga Christina Avida. Christina yang merupakan salah satu mahasiswa program studi Desain Interior yang berasal dari salah satu Universitas di Jawa Timur yaitu BINUS UNIVERSITY @Malang (BINUS @Malang) berkata bahwa keluarganya suka makan bawang merah, terlebih karena ayahnya berasal dari Brebes yang memiliki ciri khas yaitu memproduksi bawang merah.

Dari kebiasaan itu, Christina mendapatkan inspirasi untuk membuat desain set meja, kursi dan lampu. Ia mengambil salah satu varietas bawang merah yang terkenal yaitu Bima untuk dijadikan dasar dari set tersebut dan diberi nama Set Bima. Bawang merah memiliki bentuk melengkung dan berlapis. Bentuk inilah yang ia aplikasikan pada desain set tersebut. Desain yang ia buat ini awalnya merupakan tugas kuliah. Namun ia memutuskan untuk mengikuti perlombaan Open Call Indonesia Creation (OCIC) 2020 yang diadakan oleh Abbasource setiap tahun.

Set Bima terbuat dari rotan yang mudah dibentuk dan besi sebagai kerangka agar set yang dibuat kuat dan kokoh. Ia berkata bahwa menentukan komponen dan desain akhir merupakan hal yang menantang selama proses pembuatan set bima. Desain set bima ini sebenarnya adalah kursi santai yang bisa digunakan untuk bersantai seperti diletakkan di ruang keluarga.

Ide dari Christina ini berhasil menarik perhatian tim curator Abbasource dan menjadikannya sebagai pemenang dari perlombaan ini. Ia merasa sangat senang dan merasa beruntung karena diberi kesempatan tersebut. Baginya, hal tersebut menjadi suatu impian ketika desain yang telah ia rancang dapat diproduksi menjadi produk yang dapat diterima dan dapat diproduksi ke pasar global.

Berawal dari kebiasaan mengonsumsi bawang merah dan Brebes yang merupakan pusat produksi bawang merah menjadi salah satu dasar untuk Christina meraih impiannya. Christina tidak pernah menyangka bahwa ia bisa menampilkan karyanya di pameran furniture paling penting di dunia, yaitu Salone del Mobile. Harapannya desain tersebut bisa dilihat dan dihargai, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tetapi juga oleh masyarakat dunia.

 

Source: https://abbasource.com/index.php/2021/03/17/brebes-shallots-inspired-christina-avida-to-make-chair-designs/