cmi5 adalah sebuah spesifikasi e-learning modern yang dibangun di atas protokol komunikasi dan data model dari Experience API. Spesifikasi pada cmi5 meliputi beberapa definisi dan komponen yang diperlukan agar memiliki kemampuan interoperabilitas yang baik, antara lain pemaketan (packaging), mekanisme peluncuran konten (launch mechanism), perjanjian kepercayaan (credential handshake), dan model informasi yang konsisten.

Mengapa menggunakan spesifikasi cmi5, kenapa tidak Experience API (xAPI) saja? Jawaban dari pertanyaan ini adalah xAPI memberikan kebebasan statements, sedangkan pada pembelajaran terkadang diperlukan standarisasi, contohnya kapan pembelajar mulai dan selesai belajar. Spesifikasi cmi5 menyediakan kapabilitas ini, sehingga setiap aktivitas pembelajaran akan dapat terekam dan ditelusuri lebih baik.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa komponen dan proses pada spesifikasi cmi5:

Pemaketan konten (Packaging)

cmi5 menggunakan sebuah dokumen XML yang diberi nama cmi5.xml yang berisi metadata. Metadata ini menjelaskan struktur konten yang terdiri dari kontainer (Blocks) dan Assignable Units (AUs). Dokumen ini dapat disimpan dalam bentuk zip ataupun xml biasa, dan dapat diimpor oleh LMS. Perbedaan utama dari content package antara cmi5 dengan SCORM adalah pada cmi5 konten dan asset tidak harus dikompresi menjadi sebuah dokumen yang harus didistribusikan dan disimpan pada LMS, tetapi dapat disimpan di internet yang aksesibel melalui tautan URL.

Mekanisme Peluncuran Konten (Launch Mechanism)

LMS dapat menginisiasi bagaimana konten dapat diakses oleh pembelajar, peluncuran konten secara umum terjadi melalui web browser, namun juga bisa pada platform lain seperti mobile app, simulator, games, dan lainnya. Pada inisiasi peluncuran, LMS dan konten akan mengirimkan kalimat/statement xAPI, dan memulai sesi pembelajaran.

Perjanjian Kepercayaan (Credential Handshake)

Sebagai bagian dari proses mekanisme peluncuran, konten akan mengambil informasi kredensial dari LMS untuk mengetahui siapa yang mengakses konten dan ini hanya dilakukan satu kali. Informasi kredensial ini akan digunakan khusus untuk sesi belajar, batas waktu, dan Learning Record Store tertentu.

Model Informasi yang Konsisten

cmi5 memiliki dua kategori dalam kalimat-kalimat xAPI yang digunakan pada konten dan LMS, yaitu “cmi5 defined” dan “cmi5 allowed“. cmi5 defined berisi template kalimat yang wajib ada, dan kalimat-kalimat ini ditujukan untuk merekam sesi pembelajaran seperti lulus/gagal, keterselesaian konten, durasi pembelajaran, dan nilai. Sedangkan pada cmi5 allowed, memberikan fleksibilitas pada konten untuk dapat melaporkan aktivitas yang telah dilakukan pembelajar sesuai dengan xAPI verbs.

Referensi: https://xapi.com/cmi5/