Apakah Experience API?

Experience API (xAPI) adalah spesifikasi baru untuk teknologi pembelajaran yang memungkinkan perekaman aktivitas (pengalaman) belajar seseorang baik online maupun offline. API (Application Programming Interface) adalah sebuah kemampuan sistem komputer dalam melakukan sebuah fungsi. Pada xAPI ini berarti kemampuan sistem komputer untuk dapat merekam data aktivitas secara aman melalui kosa kata yang didefinisikan pada xAPI.

Spesifikasi yang telah ada sebelumnya (seperti SCORM) memiliki keterbatasan, namun pada xAPI lebih sederhana dan dapat digunakan pada sistem yang lebih luas, tidak terbatas pada online LMS. Namun bisa diimplementasikan pada mobile learning, social learning, collaborative learning, dan bahkan offline learning.

What is Experience API

Bagaimana Experience API bekerja?

  • Pembelajar berinteraksi dengan pembelajar lain, konten, dan lainnya. Aktivitas ini dapat terjadi di mana saja dan ini akan direkam dengan menggunakan xAPI.
  • Ketika sebuah aktivitas perlu untuk direkam, sebuah konten (yang telah menerapkan xAPI spec) akan mengirimkan data berupa kalimat dalam bentuk “subjek, kata kerja, objek” atau “Saya melakukan ini” ke sebuah Learning Record Store (LRS).
  • Learning Record Store akan merekam semua kalimat aktivitas yang dikirim. LRS ini akan dapat berbagi dengan LRS lain, LRS dapat berupa sistem independen, ataupun ada di dalam sebuah LMS.

Keuntungan Experience API

  • Kebebasan struktur kalimat aktivitas yang dapat direkam.
  • Sejarah pengalaman dapat dibagikan antar LRS.
  • Multi device, tidak lagi terbatas pada perangkat komputer desktop, tapi apa saja mobile, gadgets.
  • Pembelajaran kapan saja, tidak harus dimulai dan berakhir pada LMS.

LMS apa saja yang mendukung Experience API?

Beberapa LMS besar saat ini sudah mulai mengadopsi xAPI, salah satunya yang open source dan xAPI ready yaitu Moodle, atau bila ingin mencoba yang berbayar pada SCORM Cloud.

Referensi: https://xapi.com/overview/