Seluk-Beluk Jurusan Global Business Marketing: Bikin Ready Jadi Marketer Tingkat Global

Pemasaran atau marketing adalah sebuah kegiatan yang penting untuk bisnis. Tanpa kegiatan pemasaran yang baik, target pasar tidak bisa mengenal produk/layanan yang dijual perusahaan. Jika dibiarkan berlanjut, perusahaan bisa mengalami kerugian karena tidak ada pemasukan.

Maka dari itu, penting sekali memiliki tenaga marketer yang andal dan memiliki kemampuan memasarkan produk/layanan dalam skala global, terutama jika perusahaan memiliki cita-cita untuk memasarkan produk/layanan secara global. 

Nah, kalau kamu ingin berkarier di bidang global marketing, yuk gabung dengan jurusan Global Business Marketing BINUS UNIVERSITY! Di jurusan ini, kamu bisa belajar bagaimana menjadi seorang marketer andal yang siap bekerja di perusahaan nasional maupun multinasional.

Jurusan Global Business Marketing

Jurusan Global Business Marketing merupakan salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY yang berdiri pada tahun 2010. 

Sama seperti pendidikan strata 1 lainnya, jurusan ini akan ditempuh selama 4 tahun. Jika kamu memilih jurusan ini, nantinya kamu akan berkuliah di BINUS @Kemanggisan atau BINUS @Alam Sutera.

Di jurusan ini, kamu akan dibimbing supaya siap menjadi marketer yang siap berkarier di tingkat global. Untuk itu, kamu akan mempelajari teori-teori marketing, perubahan tren marketing, serta bagaimana mempraktikkan marketing dalam dunia nyata. 

Tak hanya itu, kamu juga akan dibimbing untuk memiliki soft skills yang diperlukan dalam dunia kerja. Dengan demikian, kamu bisa lebih siap bersaing di pasar kerja global.

Apa yang Akan Kamu Dapat di Jurusan Ini?

Dengan mengikuti jurusan ini, kamu akan menguasai beberapa hal berikut ini:

  1. Konsep manajerial. Walaupun kamu sedang menempuh jurusan marketing, kamu perlu memahami bagaimana konsep manajerial sebuah bisnis secara umum. Kamu juga memerlukan ilmu manajerial yang baik dalam kegiatan marketing. Tujuannya adalah agar kegiatan marketing yang dilakukan membawakan hasil yang optimal.
  2. Etika. Untuk menjadi seorang marketer yang andal, skill saja tidak cukup. Kamu perlu tahu bagaimana cara mendekati target pasar dan melakukan kegiatan pemasaran tanpa melanggar etika.
  3. Kemampuan untuk berpikir kreatif dan kemampuan kewirausahaan. Dengan memiliki dua kemampuan ini, kamu bisa menerapkan ide-ide kreatif dalam rangka melakukan pemasaran secara global. Tak hanya itu, kemampuan kewirausahaan akan sangat bermanfaat apabila kamu berencana untuk menjadi pengusaha nantinya.
  4. Global mindset. Mengingat pasar yang kamu incar adalah pasar global, penting untuk memiliki mindset global. Memiliki global mindset sangat penting untuk mendukung kelancaran pemasaran global yang kamu lakukan. 

Global mindset yang dimaksud adalah pengetahuan praktis, pola pikir, karakteristik individual, serta kemampuan berkomunikasi yang mendukung karier di bidang global marketing.

Prospek Karier

Apa saja pilihan karier yang bisa kamu pilih selepas lulus dari jurusan Global Business Marketing? Peluang untuk menjajaki berbagai peran dalam dunia marketing terbuka lebar, lho. Misalnya saja:

  • Global marketing manager

Marketing manager memiliki job description utama untuk merencanakan strategi pemasaran melalui serangkaian proses riset, melihat tren pasar, lalu menyusun strategi berdasarkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Peluang menjadi marketing manager ini bisa kamu dapatkan baik di dalam maupun luar negeri.

  • Product strategist

Sering juga disebut sebagai product manager, product strategist merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan perencanaan mengenai produk seperti apa yang akan dihasilkan mengacu pada tujuan yang hendak dicapai perusahaan. Product strategist juga mengacu pada proses promosi.

  • Global marketing consultant

Berkuliah di jurusan Global Business Marketing BINUS UNIVERSITY bisa membantumu untuk menjajaki karier sebagai global marketing consultant. Seorang marketing consultant bertugas untuk membantu perusahaan untuk membuat dan mengimplementasikan strategi terbaik untuk memasarkan produk kepada para target audiens yang disasar.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu jurusan Global Business Marketing, apa yang akan kamu dapat dari jurusan ini, serta beberapa prospek kerja yang bisa diisi oleh lulusan Global Business Marketing.

Di BINUS UNIVERSITY, kamu tidak hanya bisa belajar keilmuan dalam bidang marketing dari dosen-dosen yang andal. Kamu juga bisa praktik langsung melalui kegiatan magang di perusahaan partner BINUS UNIVERSITY. Beberapa perusahaan partner BINUS UNIVERSITY misalnya seperti BCA, Tokopedia, Facebook Indonesia, Apple, dan Blibli.com.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian dari jurusan Global Business Management? Yuk, gabung dan jadi BINUSIAN sekarang!