Di era digital yang serba cepat ini, komunikasi memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Dari media sosial hingga televisi, dari jurnalisme hingga public relations, setiap bentuk komunikasi memiliki dampak besar dalam membentuk opini publik dan tren global. Komunikasi massa atau mass communication  merupakan komunikasi yang ditujukan kepada khalayak luas atau masyarakat umum. Komunikasi massa dapat terjadi dengan menggunakan berbagai media sebagai saluran komunikasi tersebut. Medium yang digunakan pun beragam, mulai dari cetak, audio, visual, audio visual, dan media luar ruang. Secara bahasa, komunikasi massa merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dilakukan melalui media massa atau communicating with media. Istilah dari komunikasi massa adalah singkatan yang berasal dari komunikasi media massa. Media massa pun singkatan dari media komunikasi massa. Sedangkan secara harfiah media adalah kumpulan dari medium – medium atau saluran komunikasi. Sehingga penggunaan kata media berarti menunjukkan berbagai medium yang digunakan.

Apabila dilihat secara lebih terperinci, maka pengertian komunikasi massa menurut bahasa adalah, komunikasi penyampaian pesan, media yaitu saluran atau sarana menyampaikan pesan dan massa ialah orang banyak atau publik . Namun sejalan dengan perkembangannya, pengertian komunikasi massa pun mengalami banyak perubahan. Dalam literatur menyebutkan setidaknya dua kategori dalam memahami komunikasi massa, yakni: pengertian tradisional – lama, dan makna baru. Perbedaan dua pemaknaan tersebut dipengaruhi oleh saluran dan interaksi yang terjadi. Dalam pengertian lama, komunikasi massa bersifat satu arah, bertujuan untuk berbagi atau menciptakan pengetahuan umum publik melalui pesan dari orang – organisasi yang mengirimkan pesan tersebut. Komunikasi juga memiliki hambatan didunia digital ini. Hambatan dari komunikasi di era digital ini yaitu adanya perbedaan bahasa dan budaya, adanya hambatan jarak contohnya jika kamu sedang rapat secara daring (online), koneksi yang buruk dapat membuat kamu ketinggalan detail penting dalam meeting atau salah dengar, Hambatan karena adanya asumsi karena berasal dari persepsi atau asumsi tentang orang atau peristiwa di sekitar kita. Contohnya, ketika kamu memiliki pengalaman buruk atau mendengar seseorang pernah mengalami pengalaman tidak mengenakkan ketika berkomunikasi dengan seorang manajer atau klien, kamu mungkin akan sulit mengubah persepsi negatif terhadap orang tersebut dan mungkin akan menghindari berkomunikasi dalam bentuk apa pun dengan mereka. Hal ini tentunya akan menyulitkan kedua belah pihak, apalagi jika mereka berada di satu proyek yang sama. Untuk mencegah agar masalah-masalah tersebut terjadi, salah satu pilihan terbaiknya adalah belajar mengenai komunikasi secara lebih mendalam melalui jurusan Mass Communication BINUS University. Dengan adanya jurusan ini, BINUS University bisa memberikan solusi kepada masyarakat yang mengalami permasalahan dalam berkomunikasi sehingga di masa yang akan datang permasalahan dalam berkomunikasi tidak akan terjadi lagi. Alasan mengapa Memilih Mass Communication di BINUS University karena Kurikulum Berbasis Industri. Program ini dirancang untuk mengikuti perkembangan media dan komunikasi terkini, memastikan mahasiswa siap menghadapi dunia profesional setelah lulus. Kalian juga akan langsung diajarkan oleh Dosen Profesional dan berpengalaman. kalian akan mendapatkan wawasan langsung dari praktisi industri yang memiliki pengalaman luas di bidang jurnalistik, periklanan, PR, dan media digital. Misi dari program ini adalah untuk Mendidik Binusian untuk mengembangkan karakter teladan melalui pendekatan holistik yang memenuhi standar global, Menyelesaikan permasalahan bangsa melalui penelitian berdampak tinggi, Membina Binusian sebagai pembelajar sepanjang hayat melalui pengayaan diri dan memberdayakan Binusian untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar menjadi penggerak utama untuk memperkaya sistem Pendidikan Tinggi BINUS. Sedangkan untuk prospek karir dari jurusan Mass Communication ini yaitu wartawan, jurnalis, pembawa berita di televisi, penyiar radio serta pembuat konten video.  Jadi tunggu apalagi, jangan pernah ragu untuk bergabung dan belajar bersama di jurusan Mass Communication BINUS University.

#BINUSUniversity

#BINUSJakarta

#BINUSAnggrek

#MassCommunication

#Media