Menciptakan Dampak: Strategi Desain Visual dalam Iklan Kreatif
Salah satu fasilitas di Binus @Kemanggisan yang digunakan untuk mempelajari metode cetak dalam program DKV – Creative Advertising
Desain visual memiliki peran penting dalam menciptakan iklan yang kreatif. Di era informasi yang melimpah saat ini, kemampuan untuk menarik perhatian audiens merupakan hal yang sangat penting. Dalam membuat sebuah iklan, pembuatan desain harus dengan strategi yang tepat, seperti penggunaan elemen visual yang menarik sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens.
Selain itu, salah satu strategi yang digunakan adalah memanfaatkan prinsip desain 3K, yaitu keseimbangan, kontras, dan kesatuan. Keseimbangan dalam pembuatan desain berkontribusi pada penciptaan tampilan yang harmonis. Kontras dalam pembuatan desain mampu menekankan elemen-elemen penting dalam iklan. Kesatuan berperan untuk memastikan bahwa seluruh elemen dalam iklan berkolaborasi untuk menyampaikan pesan yang mudah dipahami sehingga menarik perhatian audiens.
Menggunakan narasi visual merupakan salah satu strategi dalam pembuatan iklan kreatif. Dengan menyampaikan narasi melalui gambar dan desain, iklan dapat membangun hubungan emosional dengan audiens. Narasi yang kuat dapat memicu reaksi emosional dan membuat pesan lebih mudah diingat.
Memahami target audiens juga merupakan strategi yang penting. Dengan melakukan riset, desainer dapat mengidentifikasi gaya visual dan elemen yang cocok dengan audiens. Sebagai contoh, audiens muda cenderung menyukai desain yang energik dan berwarna-warni, sedangkan audiens dewasa cenderung menyukai desain yang sederhana dan elegan. Menyesuaikan karakter audiens dengan strategi desain yang digunakan dapat meningkatkan efektivitas iklan.
Strategi selanjutnya adalah melakukan penilaian dan perbaikan berkelanjutan sebagai bagian dari proses desain iklan kreatif. Setelah iklan diluncurkan, perlunya mengumpulkan umpan balik dari audiens dan melakukan evaluasi. Hal ini dapat membuat strategi desain visual dalam iklan kreatif terus berkembang dan dapat menciptakan pengaruh yang lebih besar.
Mahasiswa lulusan program DKV – Creative Advertising
Tertarik pada desain, ilustrasi, video, graphic motion, photography, atau digital imaging? BINUS University menawarkan program ilmu Visual Communication Design – Creative Advertising dengan memiliki akreditasi Unggul! BINUS University akan memberikan konsep kreatif untuk mengolah ide menjadi kampanye komersial yang sangat menarik.
#BinusUniversity, #BinusKemanggisan, #BinusKemanggisanTetapDihati, #BinusJakarta, #AnggrekCampus
Comments :