Keberadaan seni digital ternyata tidak memupus harapan teknik animasi retro untuk kembali eksis. Justru animasi retro dapat menjembatani nuansa masa lalu dengan seni digital melalui karya yang luar biasa.

Sensasi nostalgia yang menanti di tahun 2024 menjadi momen kebangkitan teknik animasi retro. Kerinduan atas pesona dan kesederhanaan masa lalu membawa tren animasi pada garis goresan tangan yang penuh jiwa dan berkarakter. 

Bagaimana teknik animasi retro hadir dalam balutan teknologi modern? Dilansir dari Newretro, berikut ulasan selengkapnya.

Teknik Animasi Retro

Tren Seni Digital 2024

Siapa sangka gaya animasi jadul dan teknologi modern akan menjadi salah satu tren seni digital 2024 yang paling dinanti. Piksel bergandengan dengan vektor, sedangkan grafik 8-bit berpadu dengan gambar high resolution.  

Lebih dari sekadar tren, pertemuan gaya lama dan baru ini menciptakan suatu revolusi. Inilah bentuk seni hibrida yang menaruh penghormatan pada sebuah tradisi sekaligus berupaya merangkul masa depan. 

Hal ini ditandai dengan animasi digambar tangan yang kembali naik daun. Namun, bukan animasi gambar tangan apa adanya, tetapi dengan banyak penyesuaian. Alih-alih mereplikasi masa lalu, tangan-tangan andal seniman mendefinisikan kembali teknik animasi retro. 

Bantuan peralatan digital mampu menghidupkan elemen-elemen yang digambar tangan dengan cara yang belum pernah terlintas sebelumnya. Gaya animasi retro yang digambar tangan dapat berjalan selaras dengan seni digital pada takaran yang tepat.

Animasi Retro Lahir Kembali dalam Seni Digital

Ditinjau dari perspektif lain, kelahiran kembali animasi retro lebih dari sekadar teknik saja. Ini juga mengusung emosi yang ditimbulkan lewat goresan-goresan tersebut.  

Harus diakui, setiap garis animasi retro mencerminkan ketulusan dan kesederhanaan yang relate dan dapat diterima penonton lintas generasi. Cara ini membawa penonton mengingat masa saat animasi lahir dari karya yang dibangun di atas semangat dan kesabaran.  

Animasi retro bukan cuma tampilan visual yang realistis atau imajinatif. Namun, tren animasi retro dalam seni digital berupaya menjembatani kesenjangan lintas generasi. Inilah bukti bagaimana daya tarik penceritaan animasi retro tidak termakan oleh waktu.

Meski begitu, tren ini juga memiliki tantangan. Mengintegrasikan teknik jadul dengan alat dan platform modern jelas butuh skill sekaligus pemahaman mendalam mengenai keduanya. 

Retro bukan terbatas pada pilihan warna atau efek, sedangkan tekno tak melulu soal nuansa futuristik. Mencapai keseimbangan dalam takaran tepat antara retro dan tekno pasti bisa melahirkan sesuatu yang ajaib!

Menuangkannya dalam Kanvas Digital

Animasi retro menyuguhkan garis-garis tidak sempurna dan narasi menyentuh hati. Keduanya membawa kita pada masa saat semua lebih sederhana dan bagaimana manusia memberi sentuhan personal pada setiap karya seni.

Kanvas digital dalam teknologi animasi modern berfungsi sebagai arena bermain animasi retro. Dukungan alat yang memberi presisi dan fleksibilitas tinggi membantu seniman mengeksplorasi teknik tersebut dengan cara berbeda. Apa saja perwujudan animasi retro dalam teknologi modern?

  • Menggabungkan animasi retro seperti seni piksel dan animasi cat tradisional dalam elemen CGI 
  • Platform pilihan untuk membuat animasi retro dengan fitur yang menyederhanakan animasi retro 
  • Modernisasi teknik animasi klasik, seperti rotoscoping dalam software untuk membantu animator menyusuri rekaman live-action
  • Mengemas ulang atau menciptakan visual yang terinspirasi dari video game lama, kartun klasik, atau musik 80-an dan 90-an.

Pendekatan teknik animasi retro dalam karya seni digital harus mampu fokus pada keseimbangan estetika retro dan elemen modern. Memang sedikit tricky bagaimana menggores karya yang nostalgic tanpa terkesan out of date. 

Begitu berhasil, animasi retro memberi warna baru dalam lautan seni digital bergaya kontemporer. Comeback animasi retro pada dunia seni digital 2024 mampu menggugah kenangan dan emosi yang membuat penonton terkoneksi lebih dalam dengan suatu karya. 

Tertarik mendalami animasi dengan sudut pandang keilmuan yang mumpuni? BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan memiliki program studi Desain Komunikasi Visual – Animasi yang siap melahirkan lulusan terbaik. 

Belajar animasi di BINUS UNIVERSITY memadukan skill teknis dan tools dengan pola pikir yang mempersiapkan lulusannya terjun ke industri kreatif. Cocok buat kamu yang senang mengekspresikan diri secara visual. 

Jadi, kapan mau bergabung dengan BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan?