Kuliah Jurusan Artificial Intelligence, Belajar Apa Saja?

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, saat ini pilihan jurusan kuliah sangat variatif. Ada banyak jurusan baru yang dirancang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah jurusan Artificial Intelligence (AI) yang saat ini tersedia di BINUS UNIVERSITY. 

Sesuai dengan namanya, jurusan AI merupakan jurusan kuliah yang secara khusus membantu kamu dalam mendalami berbagai aspek terkait kecerdasan buatan. Namun, apa saja yang bakal kamu pelajari selama berkuliah di jurusan ini? Pengetahuan tersebut sangat penting, terutama bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan ini. 

Kurikulum jurusan AI BINUS UNIVERSITY

Jurusan AI BINUS UNIVERSITY mengedepankan kurikulum yang berkaitan dengan AI terapan. Tujuannya adalah agar para lulusan jurusan ini mempunyai kemampuan dalam memanfaatkan teknologi AI sesuai dengan kebutuhan dalam sektor industri. 

Oleh karena itu, setiap mahasiswa jurusan AI BINUS UNIVERSITY bisa memiliki keterlibatan secara langsung dalam aktivitas proyek serta penelitian inovatif. Dengan begitu, setiap mahasiswa mempunyai pengalaman terlibat dalam pemanfaatan AI untuk sektor industri secara nyata. 

Selanjutnya, terdapat 6 core competencies yang diberikan kepada setiap mahasiswa jurusan AI BINUS UNIVERSITY, yakni: 

  • Cognitive computing. Bidang pembelajaran ini memfokuskan pembelajaran terhadap algoritma yang memungkinkan komputer untuk berpikir dan mengambil keputusan layaknya pikiran manusia.  
  • Computer vision. Dalam computer vision, kamu berkesempatan untuk mempelajari pemanfaatan AI dalam melihat dan sekaligus mengidentifikasi objek. 
  • Machine learning. Bidang studi AI yang satu ini bertujuan untuk menciptakan algoritma serta model statistik yang mempunyai kemampuan belajar secara mandiri dengan menggunakan data atau pengalaman dari masa lalu. 
  • Deep learning. Dalam deep learning, kamu bisa belajar tentang bagaimana komputer bisa melakukan pemrosesan data dengan pola seperti halnya otak manusia. Penggunaannya berguna untuk pengenalan pola yang berbentuk kompleks baik yang berupa gambar, teks, suara maupun bentuk data lainnya.
  • Neural network. Bidang minat AI ini termasuk bagian dari deep learning yang memanfaatkan inspirasi cara kerja otak manusia. Neural network dirancang dengan menggunakan struktur berlapis terdiri dari simpul serta neuron yang saling terhubung sehingga membentuk sistem adaptif.
  • Natural language processing (NLP). Bidang minat NLP merupakan teknologi yang memungkinkan komputer untuk bisa melakukan interpretasi, manipulasi, serta pemahaman terhadap bahasa manusia. 

Mata Kuliah jurusan AI BINUS UNIVERSITY

Untuk mendukung adanya berbagai pilihan minat di jurusan AI, BINUS UNIVERSITY menyediakan berbagai mata kuliah yang bisa diikuti. Mata kuliah tersebut di antaranya adalah: 

  • Deep learning
  • Applied natural language processing
  • Machine learning operations
  • Applied computer vision
  • IoT dan robotics
  • AI solution
  • Intelligence automation

Semua mata kuliah tersebut juga dilengkapi dengan mata kuliah pendukung yang berkaitan dengan algoritma, matematika, serta ilmu statistik. Dengan begitu, setiap lulusan akan mempunyai keahlian yang mumpuni dalam membangun sistem IT dengan memperoleh pemanfaatan dari teknologi AI. 

Menariknya, jurusan AI di BINUS UNIVERSITY juga memberikan kesempatan bagi setiap mahasiswa untuk lulus lebih cepat. Jika umumnya kamu harus menempuh 4 tahun untuk gelar sarjana, BINUS UNIVERSITY memungkinkan kamu untuk lulus sarjana hanya dalam waktu 2,5 tahun. 

Program belajar sarjana yang singkat hanya 2,5 tahun memberikan peluang untuk kamu #MulaiLebihAwal untuk terjun ke dunia kerja. Dengan bekal keahlian yang mencukupi selama proses perkuliahan, kamu akan mempunyai daya saing tinggi untuk bisa memperoleh pekerjaan impian.