Bidang perpajakan saat ini makin berperan penting bagi Pembangunan Nasional. Hampir 83% pemasukan di Indonesia berasal dari pajak. Namun di satu sisi, tax ratio di Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lainnya di Asia.

Salah satu langkah nyata Pemerintah melalui Dirjen Pajak yaitu melakukan Inklusi Kesadaran Perpajakan dan menggiatkan Tax Center di seluruh Indonesia. BINUS University sebagai salah satu universitas terbaik sangat mendukung kegiatan ini sesuai dengan visi BINUS “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”. Bahkan BINUS University mendapat penghargaan sebagai Kampus Pilot Pelaksanaan Inklusi Kesadaran Perpajakan dan penerapan mata kuliah Character Building pada seluruh program studi di BINUS University. Ditambah lagi penghargaan dari Kanwil Jakarta Barat yang ditujukan kepada Tax Center Teraktif pada tahun 2019.

 

Pada tahun 2022 School of Accounting mengembangkan sayap dengan menjalankan Taxation Program karena melihat kebutuhan ahli pajak di Indonesia yang semakin meningkat. Pada Program Accounting juga mengembangkan Streaming (Peminatan) Fiscal Management. Banyak sekali kegiatan yang diadakan Tax Center BINUS yang selalu aktif untuk melakukan sosialisai perpajakan, di antaranya kegiatan Tax Talk Series, Seminar Pajak, Workshop Tax Goes to School, Ekskul Pajak, penelitian Pajak serta pengembangan BREVET Pajak BINUS yang berkolaborasi  dengan BINUS CENTER.

 

Dalam event seminar nasional yang bertema “PELUANG PROFESI PERPAJAKAN DI EKONOMI DIGITAL”, BINUS University mengundang Narasumber Utama yaitu Bapak Gabriel Kurniawan S.E., M.Ak., BKP, CTAP. selaku Direktur Utama GCK Consulting.

 

Melalui seminar ini, diharapkan seluruh peserta semua terus mendapat insight dan peluang di perpajakan pada era ekonomi digital saat ini dan semakin memberikan semangat kepada mahasiswa atau calon mahasiswa terus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan karir di bidang perpajakan pada era digital saat ini. Hal ini disampaikan pula oleh Ibu Dr. Viany Utami Tjhin, S.Kom, MM, M.Com(IS) dalam sambutannya pada acara Pembukaan Seminar Nasional Taxation Program BINUS University di Kampus Syahdan, BINUS Kemanggisan.

 

Harapan ke depannya, dengan MoU dengan GCK Consulting, School of Accounting dan Tax Center BINUS Univresity terus mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan perpajakan.

Demikianlah tujuan dan manfaat kerjasama ini yang juga disampaikan oleh Ibu Levana Dhia Prawati, S.E., M.Si, Ak. Selaku Ketua Program Studi Taxation Program dalam acara Ceremony Penandatanganan MoU GCK Consulting dengan Taxation Program, School of Accounting, BINUS University.

 

Berikut dokumentasi pada acara tersebut