INTRODUCTION
Untuk ide bisnis ini, kami bertujuan membuat produk gantungan kunci foto kustom yang estetik (Keeva). Kami percaya ada permintaan yang kuat di kalangan mahasiswa (Gen Z) dan pasangan. Kami berasumsi bahwa mereka membutuhkan cara fisik yang praktis dan indah untuk menyimpan kenangan digital yang sering terlupakan di galeri ponsel.

ARget AUDIenCe ReseARCH
Target kami berfokus pada mahasiswa dan pasangan untuk validasi pasar. kami memilih mereka karena mereka memiliki keinginan kuat untuk ekspresi diri dan sering mencari hadiah yang bermakna serta personal. Untuk menjangkau mereka, kami menggunakan metode seperti media sosial (Instagram, Tiktok, dan Twitter) dan kehadiran fisik di acara kampus. Metode ini efektif karena segmen ini memiliki keterlibatan digital yang tinggi dan aktif di lingkungan kampus.

Validation methods
Kami  menggunakan  diskusi  dengan  target  pasar,  sistem. pre-order, dan penjualan terbatas di stan kampus (Gerai Binus & Bifest) untuk mengumpulkan umpan balik. Metode ini bekerja dengan baik karena memungkinkan interaksi langsung untuk menguji respon terhadap desain frame, harga, dan minat beli secara nyata.

Data and insights
Feedback yang kami terima sangat positif terutama pada aspek pelayanan yang ramah (35 suara) dan desain keychain yang dianggap lucu, unik, dan menarik (24 suara). Asumsi kami mengenai minat pada produk custom terkonfirmasi dengan 8 responden yang secara spesifik menyukai fitur kustomisasi. Namun, pelanggan memiliki keinginan (wishes) agar variasi pilihan diperbanyak (6 suara) dan ada perbaikan pada editan tone serta panjang foto strip (6 suara). Beberapa juga merasa kemasan (packaging) masih kurang layak (2 suara).

Challanges encountered
Kami menghadapi tantangan berupa kebingungan konsumen terkait teknis, seperti ketidakjelasan ukuran foto (2 pertanyaan) dan sistem order yang dianggap membingungkan (2 pertanyaan). Tantangan ini mempengaruhi hasil karena dapat menghambat proses pembelian yang mulus. Untuk mengatasi ini, kami perlu memperjelas panduan ukuran foto dan menyederhanakan alur pemesanan.

Actionable outcomes
Langkah prioritas kami adalah menambah variasi desain karena ini adalah permintaan tertinggi (13 suara). Selain itu, kami akan membuat video promosi produk asli (2 suara) untuk memperjelas visual produk ke konsumen online. Masukan mengenai harga (3 suara meminta lebih murah) akan kami pertimbangkan melalui strategi bundling.

COnCLUsIOn
Proses ini membantu kami belajar bahwa meskipun produk inti dan pelayanan sudah sangat disukai, aspek teknis (hasil cetak foto) dan variasi desain masih perlu pengembangan masif. Ke depannya, kami akan fokus pada ekspansi variasi desain dan perbaikan kualitas cetak/editing foto untuk meningkatkan kepuasan  pelanggan.