Tingkat Produk

Edwin Joyo Hutomo – D5472

Menurut pendapat dari (Tjiptono, 2015), ada beberapa hal yang harus kita ketahui dadalam memahami produk yaitu tingkatan produk, antara lain:

  • Produk utama (core benefit) merupakan manfaat sebetulnya yang dibutuhkan serta akan dikonsumsi oleh konsumen pada setiap produk.
  • Produk generic merupakan produk dasar yang dapat memenuhi fungsi produk paling dasar maupun rancangan produk yang minimal dapat berfungsi.
  • Produk harapan (expected product) merupakan suatu produk formal yang ditawarkan dengan beragam atribut. Serta keadaan secara normal yang telah diharapkan serta disepakati agar dibeli.
  • Produk pelengkap (equipmented product) merupakan beragam atribut produk yang telah dilengkapi beberapa manfaat serta layanan. Sehingga bisa menentukan tambahan kepuasan serta bisa dibedakan dengan produk asing.
  • Produk potensial merupakan semua jenis tambahan serta perubahan yang mungkin dapat dikembangkan untuk sebuah produk pada waktu yang akan datang.