BEEHEALTHY
BEEHEALTHY merupakan bisnis yang bergerak di bidang F&B dengan produk berupa konsentrat lemon madu yang dibungkus sachet sehingga praktis untuk dikonsumsi. Konsentrat ini berbeda dengan yang lainnya karena bahan yang dipakai serta adanya teknologi aplikasi pendamping. Bahan baku yang dipakai berupa lemon california yang mengandung Vitamin C lebih banyak dari lemon lokal dan madu hutan yang memiliki zat antioksidan yang lebih banyak dari madu ternak sehingga mencegah dampak buruk dari polusi dan cuaca panas serta meredakan batuk. Selain bahan baku yang unggul, BEEHEALTHY juga mempunyai aplikasi buddy bernama BEEHEALTHY app yang menerapkan fitur gamification berupa journey, exp points, dan leaderboard untuk menetapkan loyalitas customer dan menambah nilai brand.
Berdasarkan data yang sudah kami riset, ditemukan bahwa banyak mahasiswa dan pekerja terlalu sibuk untuk memenuhi asupan Vitamin C mereka sehingga produktivitas mereka menurun dan bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti nyeri otot dan sendi sampai penurunan berat badan. Karena itulah, mereka memerlukan suatu produk yang dapat menyediakan Vitamin C, namun praktis untuk diminum. Banyak konsentrat lemon madu yang kami temui dibungkus dalam suatu toples sehingga kurang dalam segi mobilitas pembawaan dan kemudahan konsumsi. Produk kami dapat menjadi jawaban atas segala permasalahan tersebut dengan packaging praktis dan bahan baku unggul. Jadi, produk kami dapat menjadi asupan Vitamin C dan daya tahan tubuh yang mudah dikonsumsi dimana dan kapan saja.
BEEHEALTHY dapat ditemukan di aplikasi e-commerce ternama Tokopedia dan Shopee, retail seperti minimarket lokal dan toko kesehatan, kantin kantor/universitas, dan BEEHEALTHY store di Jln. Daan Mogot 25. Untuk mendapatkan informasi dan sampel produk kami, konsumen dapat mengikuti bazaar dan pameran entrepreneurship seperti Binus Festival. Selain itu, kami juga ada di Facebook dengan nama @BeeHealthy.ofc, Instagram dengan nama @beehealthy.ofc, dan TikTok dengan nama @beehealthy.ofc.
Proses produksi BEEHEALTHY dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu pemesanan packaging sachet, pembuatan konsentrat lemon madu, pengemasan produk, dan inspeksi kualitas. Pertama, packaging sachet akan dipesan dari Shopee dengan desain dari kami sendiri. Saat ini, jenis tekstur packaging yang kami pakai adalah dove. Kedua, lemon california akan diperas dan dicampur dengan madu hutan dengan takaran lemon serta madu masing – masing 15ml sehingga netto konsentrat mencapai 30ml. Ketiga, konsentrat akan dimasukkan ke sachet dan direkat dengan sealer. Keempat, konsentrat akan diinspeksi untuk memastikan perekatan rapi dan tidak ada cairan yang bocor.
Usaha ini dimulai pada bulan September tahun 2024 sebagai bisnis untuk mata kuliah Entrepreneurship – Market Validation. Mata kuliah ini sangat membantu kami dalam segala tahap pengembangan bisnis ini, mulai dari ideasi sampai proses penjalanan bisnis tersebut. Mata kuliah ini membantu kami untuk berpikir kreatif dan out-of-the-box dalam mencari nilai unik produk sampai memberikan kami pengetahuan mengenai Business Model Canvas yang membantu mendefinisikan proses bisnis usaha ini. Selain itu, dengan adanya role-playing sebagai CEO, CTO, CMO, dan COO pada mata kuliah ini, proses kerja sama dan komunikasi antar anggota kelompok lebih baik dengan adanya peran setiap anggota yang terdefinisi. Alhasil, dengan adanya keuntungan – keuntungan tersebut, pengembangan bisnis BEEHEALTHY lebih cepat dan efisien.
Nama Anggota :
2602068385 - Darel Yeshe (Chief Executive Officer) 2602067981 - Aldrich Reinhart Wahyudi (Chief Technology Officer) 2602068334 - Davin Antoni (Chief Operation Offices) 2602068132 - Richardo Antolin (Chief Marketing Officer)
Dosen : Ary Wijayati Kusumaningtyas – D6412
Published at :