ADANESIA
Adanesia merupakan nama toko clothing kelompok kami, dimana kami menawarkan produk kaos sablon yang dapat dikustomisasi designnya. Adanesia sendiri diambil dari kata “Baju Anak Indonesia”, jadi nama brand kami mencerminkan bahwa kami menerima jasa sablon untuk desain-desain yang memuat unsur lokal Indonesia yang dipadu dengan kaos trendy. Pembeli dapat membeli unsur lokal apa yang ingin didesain dengan pilihan desain yang sudah ada. Pembeli juga dapat memesan jumlah kaos dalam jumlah yang banyak yang biasanya untuk kegiatan acara.
Kami memilih ide usaha ini, karena semakin banyak orang-orang yang tidak tahu luas mengenai kebudayaan Indonesia dan juga tidak menggunakan pakaian yang mencerminkan budaya Indonesia. Terdapat jurnal yang meriset bahwa hasil dari penelitian pada 33 orang menunjukkan bahwa sebanyak 13 remaja atau 39,4% menyukai budaya lokal dan 20 orang atau 60,6% lebih menyukai budaya luar. Padahal, negara kita ini memiliki warisan budaya yang banyak dan memiliki karakteristik yang beda-beda. Selain itu, banyak orang tidak mengenakan pakaian yang mengandung unsur lokal karena stylenya sulit dicocokan dengan pakaian yang lain. Oleh karena itu, kami membuat produk ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sekaligus memberikan trend baru mengenai kaos elemen lokal yang dipadu dengan trend saat ini sehingga style fashionnya tetap matching dan menunjukkan kecintaanya terhadap Indonesia.
Adanesia juga hadir untuk memberikan kesempatan kepada seniman lokal untuk turut berkontribusi untuk mencantumkan desain mereka ke dalam produk kami. Sehingga, seniman lokal di Indonesia pun turut terbantu dan bangga bahwa hasil senimannya dikenal banyak orang. Adanesia dibuat pada bulan September 2024, dimana Adanesia ini merupakan salah satu ide yang kami diskusikan untuk proses pembelajaran Entrepeneurship: Market Validation ini. Dengan adanya bantuan bimbingan dari dosen dan domain expert, kami dapat mengembangkan produk kami dan menganalisis usaha kami dengan tuntunan mereka. Yang awalnya kami terdiri dari 3 jurusan berbeda – computer science, information system, dan Global Business Management – dapat bersatu dan berdiskusi bersama untuk membahas ide bisnis kami. Meskipun awalnya sulit karena kami belum mempunyai basic entrepreneurship yang baik, namun dengan kerja sama tim dan bantuan dorongan kuat dari dosen dan domain expert, kami dapat membuat produk-produk ini dengan berjalan lancar. Kini Adanesia hadir di berbagai platform seperti instagram dan whatsApp business sehingga pelanggan dapat memesan produk kami melalu akun sosial media yang ada.
Belum lama ini kami mengikuti BINUS Festival yang diadakan di BINUS Alama Sutera. Dengan adanya kegiatan ini, membuat kami belajar mengenai hal baru yang sebelumnya belum pernah kami coba. Kami mendapat pengalaman baru untuk langsung terjun ke dalam pasaran, dan mendengar berbagai macam keinginan serta kirtik dan saran dari berbagai kalangan mahasiswa. Hal-hal tersebut dapat membantu kami untuk terus lanjut belajar untuk membuat produk lebih menarik lagi dan memenuhi harapan pembeli agar mereka puas dengan produk yang kami tawarkan. Meskipun terdapat kendala mengenai progress dalam tim, kami tetap terus berusaha untuk mencatat dan mempelajari strategi bisnis yang diperlukan agar bisnis kami tetap berjalan dan mengalami peningkatan yang baik. Kami juga mempelajari hal-hal baru dan aspek – aspek penting dalam membangun sebuah binsis dari mata kuliah ini. Dari kegiatan mata kuliah dan BIFEST ini membuat kami memiliki pikiran yang lebih terbuka mengenai ide pengembangan bisnis yang dapat saya terapkan di masa depan. Untuk kesimpulan kritik dan saran yang kami dapat lebih dominan pada desain kaos dan warna kaos yang ditawarkan diperbanyak lagi. Hal tersebut menjadi pembelajaran buat kami untuk terus menambah desain yang menarik agar pembeli tertarik untuk membeli produk kami dan tidak bosan untuk terus memilih desain kaos yang ditawarkan.
Nama Anggota :
2440060345 - Daffa Irsyad Abiyyi 2602173072 - Amelia Sugiarto 2602122696 - Weilina Cahyadi
Published at :