SunibMakan
Binus Entre Festival (BiFest) 2024 kembali menjadi wadah inspiratif bagi mahasiswa Binus dalam memperkenalkan ide-ide kreatif yang tentunya menjawab tantangan sehari-hari. Tema BiFest tahun ini yaitu “Start Local, Grow Global: Empowering Young Entrepreneurs”. Kegiatan ini berlangsung secara bersamaan di tiga lokasi kampus Binus, yaitu Kemanggisan, Alam Sutera, dan Bekasi dari tanggal 20 – 22 November 2024. Rangkaian kegiatan BiFest dimulai dengan pembukaan dan terbagi menjadi 2 sesi, yaitu pukul 09.00 sampai 12.00 kemudian dilanjutkan pukul 13.00 – 16.00. BiFest diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan di Binus yang merupakan bentuk kolaborasi dengan Binus Entrepreneurship Center. Adapun BiFest juga merupakan salah satu implementasi dari mata kuliah Entrepreneurship: Prototyping yang berfokus pada mengulas pasar dari produk dan Entrepreneurship: Market Validation yang berfokus pada pengalaman pasar lokal mahasiswa. BiFest tahun 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai kompetisi pameran produk, acara bincang-bincang, dan seminar yang menghadirkan berbagai pembicara inspiratif.
BiFest 2024 menjadi wadah untuk memperkuat jiwa kewirausahaan mahasiswa Binus dan menjembatani ide-ide lokal menuju dampak global. Pada tanggal 21 November 2024 pukul 09.00 – 12.00, SunibMakan berkesempatan untuk memperkenalkan dan mendemokan secara langsung platform yang sudah dibuat yang berlokasi di balkon lantai 2 kampus Anggrek. Acara ini juga menjadi wadah untuk melakukan validasi produk.
SunibMakan adalah sebuah platform inovatif yang berfokus pada mahasiswa sehingga dapat memberikan ulasan makanan dari berbagai tempat makan, baik yang berada di sekitar kampus maupun yang mereka coba secara pribadi. Fitur ini memungkinkan mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan membantu sesama untuk menemukan tempat makan terbaik yang sesuai dengan budget dan selera. Selain berfokus pada mahasiswa, SunibMakan juga memberikan peluang bagi UMKM untuk mempromosikan produk mereka.
Target bisnis SunibMakan adalah adalah mahasiswa Binus sebagai pengguna utama. Platform ini ditujukan kepada mereka untuk mencari ulasan makanan, berbagi pengalaman kuliner, dan menemukan rekomendasi sesuai kebutuhan mereka. UMKM kuliner di sekitar Binus juga merupakan target mitra yang memanfaatkan platform untuk mempromosikan produk makanan mereka kepada komunitas mahasiswa.
BiFest 2024 berjalan dengan meriah melalui kehadiran para mahasiswa yang datang untuk bertanya, berbagi pengalaman, dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai platform. Dari hasil survei pertama, sudah menunjukkan bahwa hampir semua mahasiswa mengalami kesulitan dalam menemukan tempat makan dengan kualitas dan rasa yang enak serta harga yang terjangkau di sekitar kampus (51.5%). Dari sekian banyaknya mahasiswa Binus dari berbagai daerah seperti anak rantau dan tingginya jumlah UMKM kuliner di sekitar kampus, di sinilah SunibMakan menjadi penengah kedua hal itu. Tidak sampai di sana, SunibMakan juga mendukung perluasan pasar UMKM kuliner lokal di sekitar Binus dalam rangka menyediakan ruang promosi yang interaktif.
Dalam usaha memperkenalkan platform SunibMakan, tentunya ditetapkan juga waktu yang ideal. Waktu yang tepat untuk menjalankan SunibMakan adalah saat tahun akademik berjalan aktif, ketika mahasiswa Binus tengah sibuk berkuliah dan membutuhkan informasi tentang makanan dan tempat makan di sekitar kampus. Adapun momen seperti event kampus, bazar makanan, orientasi kampus, atau festival makanan juga turut menjadi salah satu waktu yang sangat tepat untuk memperkenalkan lebih lagi platform ini.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan tren gaya hidup digital, platform ini memiliki potensi untuk memperluas pengguna dan diharapkan mampu menjawab kebutuhan yang lebih luas. Oleh karena itu, bisnis berbasis platform teknologi seperti SunibMakan memiliki peluang pertumbuhan yang besar di era digital ini. Platform ini berbentuk website sehingga memungkinkan pengguna untuk terhubung tanpa ada batasan lokasi.
Pada awalnya, SunibMakan akan dimulai di kampus Binus Kemanggisan dan sekitarnya. Akan tetapi, kami memiliki rencana untuk memperluas jangkauan ke kampus Binus lainnya, seperti kampus Alam Sutera, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang. Jika mengikuti rencana jangka panjang, SunibMakan tentunya sudah berencana untuk menjangkau seluruh mahasiswa dari berbagai kampus besar yang ada di Indonesia, dengan tujuan untuk mendukung UMKM kuliner lokal di seluruh negeri.
Strategi bisnis SunibMakan berfokus pada penyediaan fitur-fitur menarik dan interaktif yang dapat meningkatkan keinginan mahasiswa untuk menggunakan platform ini. Platform ini menyediakan ruang bebas bagi mahasiswa untuk memberikan ulasannya terkait tempat makan yang sudah dikunjungi dalam bentuk teks, gambar, rating, dan video. Setiap ulasan yang diunggah akan berjalan interaktif dengan fitur saling komentar di mana setiap mahasiswa bisa memberikan pernyataan konfirmasi mereka tentang tempat makan yang sudah diulas. Fitur gamifikasi juga menjadi titik penting dari platform ini mulai dari Spin Wheel yang mana memungkinkan mahasiswa untuk memilih makanan secara acak ketika bingung ingin makan apa, serta poin dan quest dari setiap ulasan yang dibuat dan disukai nantinya dapat ditukarkan dengan saldo GoPay. Tidak hanya itu, kami juga tentunya melakukan pemasaran digital melalui media sosial seperti instagram, dan tiktok untuk melakukan kolaborasi dengan UMKM dan menyediakan berbagai fitur inovatif bagi pengguna.
Jika ditinjau, masih banyak UMKM di sekitar Binus yang kurang dikenal seperti Gerai Binusian yang hanya ada di saat momen-momen tertentu. Dalam rangka mendukung penuh akan pertumbuhan UMKM kuliner di sekitar kampus, SunibMakan memberikan kesempatan terbaik bagi mereka untuk melakukan promosi secara gratis melalui platform ini. Selain itu, Fitur filter pencarian akan mempermudah mahasiswa dalam mencari tempat makan berdasarkan lokasi, kategori makanan, harga, atau rating. Hal ini tentunya menambah pengalaman mahasiswa dalam menggunakan platform.
Dari wawancara yang dilakukan dengan Regina Oktavia Joely selaku peserta BiFest 2024, ia menyatakan bahwa ide SunibMakan sangatlah menarik dan seringkali kerap kesulitan dalam mencari makanan di sekitar Binus sehingga platform ini menjadi salah satu solusi bagi permasalahannya. Dengan feedback positif dari 66 responden yang mengunjungi booth kami di BiFest 2024, kami menaruh keyakinan bahwa SunibMakan merupakan solusi terbaik yang relevan dan dibutuhkan oleh mahasiswa di sekitar kampus Binus.
Jika ditinjau dari hasil validasi pasar, 77.3% mahasiswa menyatakan bahwa ide SunibMakan sangatlah menarik. Feedback yang diberikan sesuai dengan apa yang kami harapkan di mana 97% responden menyatakan bahwa mereka akan menggunakan SunibMakan. Adapun pitur paling menarik jatuh pada Gamification, sebesar 48% dari keseluruhan respon yang didapatkan pada kegiatan BiFest 2024. Tahap untuk mendapatkan respon ini kami mulai dengan perkenalan ide terlebih dahulu, lalu dilanjutkan pada simulasi platform kepada mahasiswa, dan pada akhirnya mereka melakukan pengisian survei yang disediakan sebagai bagian dari validasi pasar. Sebagian besar respon dari mahasiswa sangat gembira dan semangat untuk coba menggunakan platform ini.
Mahasiswa sangat dibantu dengan adanya platform ini (83.3%). Hal ini diperkuat oleh data 100% dari total responden, tentu semakin semangat menggunakan SunibMakan dengan adanya GoPay Rewards. Platform ini tentunya membantu mahasiswa dalam mencari tempat makan dan juga akan menjadi sarana penting bagi UMKM untuk mempromosikan usaha kuliner lokal yang tengah berkembang di sekitar kampus.
Dalam jangka waktu satu tahun, kami berharap SunibMakan dapat dikenal oleh seluruh mahasiswa Binus, dan dalam tiga tahun mendatang, platform ini dapat tersebar ke kampus-kampus Binus lainnya. Dalam lima tahun, kami berencana untuk mengembangkan platform ini ke seluruh Indonesia, dan dalam sepuluh tahun, SunibMakan diharapkan menjadi platform kuliner utama yang mencakup seluruh restoran-restoran besar di Indonesia. Oleh karena itu, dengan visi yang jelas dan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat, SunibMakan siap untuk mewujudkan dampak besar bagi mahasiswa Binus dan UMKM kuliner yang ada di Indonesia.
Akses SunibMakan Sekarang!
Kamu dapat mengakses website kami melalui link berikut:
https://sunibmakan.vercel.app/
Published at :