A Unique Live Drawing Photobooth Experience

Gambarin adalah sebuah photobooth yang tidak hanya sekadar memotret, tetapi juga menyediakan jasa live drawinginstan dari foto yang diambil. Alih-alih mendapatkan hasil cetak foto biasa, pelanggan akan mendapatkan karya seni berupa gambar diri mereka yang unik dan personal.

Keunikan Gambarin Live Drawing dengan bekerja sama dengan  Seniman berbakat akan menggambar sketsa wajah pelanggan secara langsung di lokasi photobooth. Proses penggambaran relatif cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama. Hasil karya seni yang personal dan handmade akan menjadi kenangan yang lebih berkesan daripada foto biasa.

Konsep yang unik dan anti-mainstream akan menarik perhatian banyak orang. Pelanggan dapat memilih gaya gambar yang mereka inginkan, misalnya kartun, karikatur, realis, atau manga. Selain mendapatkan hasil gambar fisik, pelanggan juga akan mendapatkan hasil gambar dalam bentuk digital yang dapat dibagikan di media sosial.

Target Market & Strategi Bisnis

Gambarin menyasar target market yang luas, mengingat photobooth dan live drawing memiliki daya tarik universal. Namun, beberapa target market utama Gambarin antara lain Generasi Z dan Milenial Usia 17 – 26 Tahun kelompok usia ini sangat tertarik dengan hal-hal yang unik, personal, dan instagramable. Kemudian ,
Gambarin dapat beroperasi di berbagai acara, baik indoor maupun outdoor. Contohnya: festival musik, bazaar, pameran, pernikahan, ulang tahun, gathering perusahaan, dll. Gambarin juga dapat membuka booth di lokasi-lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, kafe, atau tempat wisata, terutama di akhir pekan atau hari libur.

Photobooth konvensional sudah umum dan kurang berkesan. Sulit menemukan jasa live drawing yang instan dan on-the-spot. Ingin mengabadikan momen dengan cara yang lebih unik dan personal. Gambarin menawarkan pengalaman photobooth yang berbeda dan lebih berkesan dengan live drawing. Menyediakan jasa live drawing yang instan dan berkualitas. Membantu pelanggan mengabadikan momen spesial dengan cara yang unik dan personal.

Strategi Bisnis Gambarin adalah Branding dengan Membangun brand identity yang kuat dan mudah diingat. Marketing Online Memanfaatkan media sosial (Instagram, TikTok, dll.) untuk promosi dan engagement. Marketing Offline membagikan brosur, flyer, dan mengikuti pameran. Website membuat website untuk menampilkan portofolio dan informasi layanan. Menawarkan paket harga yang beragam dan kompetitif. Memastikan kualitas gambar dan pelayanan yang terbaik. Membangun kerjasama dengan event organizer, vendor pernikahan, dan bisnis lain yang relevan. Mengembangkan ide-ide kreatif untuk photobooth dan live drawing, seperti menawarkan berbagai props, background, dan gaya gambar. Memberikan pelayanan pelanggan yang ramah dan responsif.

“Story Of BiFest”

Kami memulai dengan menyiapkan properti booth di H-1 acara dengan memanfaatkan kardus bekas dan kertas bekas sebagai boothnya. Kardus yang ada kami potong menyerupai bentuk kotak photobooth lalu dihias-hias sesuai dengan tema kami yaitu hitam putih.  Kami juga menyiapkan potongan-potongan kertas sebagai template kami untuk di hari H Bifest. Pada saat bifest, kami datang lebih awal untuk setting lokasi agar terlihat menarik buat pengunjung. Benar saja, padahal bifest belum dimulai, namun ada customer yang sudah tertarik untuk dilukis oleh kami. Mereka mengirimi kami foto dan ingin dilukis 3 strip, mengingat kami terdapat 2 pilihan (3 strip kecil dan 1 strip besar). Setelah mereka payment, kami memberikan koin dan mereka masukkan koin tersebut ke kotak photobooth yang ada. Dari foto yang ada kami langsung lukis dengan style kami, dan setelah 5 menit berproses, kami serahkan hasil gambar ke mereka. Kami berikan juga barcode feedback untuk diberikan masukan.

Pada pukul 15.00 tepat, rombongan mahasiswa mendatangi booth-booth bifest, salah satunya booth kami. Kami mulai mendapat banyak client yang ingin mengabadikan momen kebersamaan bersama rombongan temannya, bahkan ada yang sampai ber-delapan. Kami membagi tugas, Agnes dan Tasya yang menjaga di depan untuk ngobrol dengan customer, dan Sherine Made Utin menggambar. Ada yang mengirimi foto, ada juga yang ingin foto langsung.

Dalam proses menggambar, ada yang menunggu kami sambil melihat prosesnya, ada juga yang ditinggal lalu diambil setelah selesai. 95% dari mereka puas dengan hasilnya dan mereka sangat tertarik untuk membelinya lagi di event selanjutnya. Buat kami, selama 3 jam bifest tersebut, kami mendapat banyak pelajaran dan pengalaman bermakna yang dapat kami terapkan untuk mengembangkan Gambarin ini. Kami akan lebih clear dalam memberikan informasi, misalnya kalau proses menggambar 3-5 menit dan ternyata ada antrian, kami akan menambahkan durasi prosesnya sesuai dengan antrian yang ada.

 

Nama Anggota:
Agnes Gaotami
Sherine Kiatandi. Utin Puti Loemongga Chairunissa
Bernadette Madeling Kosasih
Christina Tasya


Dosen : Nur Afidah, S.E., M.M (D6881)