Stickerfy in BIFEST
Personalisasi gaya merupakan hal yang dianggap sangat trendy pada zaman sekarang. Budaya yang memprioritaskan kebanggaan terhadap hobi, ketertarikan, dan keunikan diri semakin populer di antara kalangan anak muda- dan hal inilah yang merupakan cikal-bakal dari ide-ide yang akhirnya berbuah dalam bentuk Stickerfy, bisnis yang berfokus kepada pembuatan produk-produk hobi, tepatnya stiker-stiker dengan desain unik yang terinspirasi dari hewan-hewan yang menggemaskan seperti kucing dengan bahan yang tahan lama dan harga terjangkau.
Ide awal dari Stickerfy awalnya dibentuk untuk kelas Entrepreneurship: Ideation, yang kemudian dilanjutkan dan dikembangkan untuk kelas Entrepreneurship: Market Validation. Sebagai kelompok dengan latar belakang DKV, kami ingin bisnis kami berkaitan dengan kreativitas dan ekspresi diri. Selama masa riset pengembangan produk, kami menemukan bahwa melihat hewan-hewan lucu cenderung membantu untuk menurunkan stress. Hal tersebut menjadi inspirasi untuk berfokus kepada desain produk gambar tangan digital yang memiliki elemen-elemen cute atau lucu agar terlihat menarik yang bervariasi yang terinspirasi dari fandom maupun merupakan desain original.
Sebagai bagian dari kelas Entrepreneurship: Market Validation, kami menjalankan bisnis ini selama acara BIFEST yang berlangsung pada tanggal 20-22 November 2024. Kami mendapat sesi pada jam satu siang sampai jam empat sore di hari pertama. Kami beruntung karena mendapat waktu strategis karena banyak mahasiswa dari jurusan maupun angkatan lain yang hadir untuk melihat berbagai stand dan mencari produk-produk yang menarik. Lokasi penjualan kami berada di area stand kampus BINUS Alam Sutera, tempat berlangsungnya BIFEST, dimana ada banyak stand-stand dari kelompok lain yang ikut berjualan.
BIFEST merupakan kesempatan pertama bagi Stickerfy untuk menjual produk yang kami tawarkan sebagai sebuah bisnis. Walaupun adanya kegelisahan selama hari-hari persiapan menjelang BIFEST, antusiasme adanya peluang untuk bisa mengenalkan usaha kami ke lebih banyak orang juga terasa. Set-up booth kami berfokus untuk menunjukkan varietas dari stiker yang kami jual agar pembeli merasa diundang untuk melihat-lihat dan memilih dengan bebas.
Sebagai bagian dari strategi bisnis kami, kami memilih target demografi yang familiar bagi kami, yakni anak kuliahan (umur 17-22). Produk kami dalam bentuk stiker menggunakan desain yang original dan memanfaatkan subjek yang disukai secara universal, yakni hewan peliharaan.
Kemudian kami mengintegrasikan ide ini dengan budaya fandom yang popular dalam demografik target kami, memanfaatkan kemiripan dengan karakter-karakter yang mudah dikenal seperti Doraemon, Gumball, Genshin, dan lain sebagainya. Alhasil, banyak konsumen kami yang membeli produk kami karena gambarnya dan familiaritas dengan fandom yang mereka kenal, serta banyak yang menilai produk kami “lucu” atau “imut”. Untuk memaksimalkan profit kami juga menjual stiker kami dengan harga murah serta diskon bundling, alhasil banyak pengunjung BIFEST yang tidak segan membeli sticker kami. Selama waktu penjualan, kami sangat bersyukur karena mendapat jumlah pembeli yang lebih banyak dari yang diantisipasikan.
Anggota Kelompok: Kevin Valentinus Filo (2602166975) Aisyah Miranda Cahyono (2602179416) Faiz Fathurrizqi (2602142465)
Dosen Riri Carissa, S.E.,MSM D6878
Published at :