Perjalanan SUPPERFORLOVE Dari Ide Menjadi Bisnis Nyata
Setiap pencapaian yang besar dimulai dari langkah kecil. Begitu juga dengan perjalanan supperforlove, bisnis kami yang dirintis dari sebuah ide menjadi bisnis yang terealisasikan di BINUS Festival pada tanggal 20 November 2024. Supperforlove berawal dari pembelajaran yang kami jalani di mata kuliah Entrepreneurship: Market Validation. Mata kuliah ini membekali kami dengan metode penting dalam membangun sebuah bisnis sendiri.
Kami belajar bahwa memulai suatu bisnis tidak hanya soal tekad, tetapi juga persiapan yang matang. Supperforlove dibangun sebagai solusi makanan praktis bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi di mana mereka sering berpindah-pindah sebagai kebiasaan sehari-hari, misalnya mahasiswa dan pekerja kantoran di perkotaan besar. Selain itu, supperforlove menyediakan menu dengan bahan-bahan yang lebih rendah kalori dan menyehatkan. Itulah yang menjadi USP (Unique Selling Point) supperforlove dengan pesaing kami.
Langkah berikutnya adalah melakukan riset pasar mendalam untuk memahami kebutuhan target pasar kami, diikuti dengan menyiapkan Minimum Viable Product (MVP) sebagai prototipe awal produk. Kami juga belajar menyusun Business Model Canvas (BMC) untuk menentukan strategi bisnis, dan menggunakan feedback grid untuk mengolah masukan dari calon pelanggan dan nantinya dari pelanggan kami saat berjualan di BINUS Festival.
Puncak pembelajaran kami terjadi di BINUS Festival, di mana supperforlove untuk pertama kalinya melakukan bisnis berjualan dengan pelanggan. Dari persiapan hingga pelaksanaan, kami menghadapi berbagai tantangan, seperti memastikan kualitas sandwich, melayani pelanggan, dan merancang pemasaran yang efektif. Pengalaman ini memberikan pemahaman bahwa teori dan praktik harus berjalan beriringan agar dapat membangun bisnis yang sukses.
Pengalaman kami selama di BINUS Festival dan membangun bisnis supperforlove mengajarkan kami akan pentingnya skill entrepreneurship sebagai bekal untuk masa depan setelah kuliah. Skill ini tidak hanya berguna untuk memulai suatu bisnis, tetapi juga untuk melatih kemandirian terutama di bidang finansial, kepemimpinan, kreativitas, kemampuan berinovasi, dan bagaimana memperluas jaringan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun dengan rekan kerja.
Perjalanan ini membuktikan bahwa apa yang dimulai dari sebuah ide sederhana dapat berkembang menjadi sesuatu yang nyata dan bermanfaat. Supperforlove bukan hanya sekedar bisnis, tetapi juga menjadi sebuah pelajaran berharga yang akan terus menjadi inspirasi untuk langkah-langkah kami selanjutnya.
Foto Dokumentasi:
NAMA MAHASISWA :
- 2602137035 Celina Salim Lim
- 2602116996 Priscilla Eugeline Winardi
- 2602121882 Tamara Virginia
- 2602143372 Joann Heng Rarumangkay
- 2602133163 Jesslyn Muchtar Auberta
D6813 RADEN ALCA OCTAVIANI, S.I.Kom., M.M.
Published at :