Pentingnya Pemahaman Customer Segment secara Detail
Gatot Hendra Prakoso – D4993
Pengusaha harus memahami customer segment dari 4 aspek untuk menciptakan strategi bisnis yang relevan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memaksimalkan keuntungan. Pemahaman atas aspek pertama yaitu geografis membuat pengusaha memahami bagaimana Lokasi dapat menentukan preferensi pelanggan terhadap produk tertentu, misalnya, kebutuhan spesifik berdasarkan budaya atau iklim.
Pemahaman atas aspek kedua yaitu demografi dengan cara memahami usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lokasi membantu pengusaha menyasar pelanggan dengan produk dan layanan yang sesuai. Dengan demikian, pengusaha tidak menyasar pasar yang justru berlawanan dengan produk yang ditawarkan.
Aspek berikutnya, yaitu aspek psikografi. Aspek ini mengidentifikasi nilai, minat, dan gaya hidup pelanggan memungkinkan produk dan pemasaran disesuaikan dengan kebutuhan emosional dan perilaku konsumen. Memahami psikografi dapat membuat pengusaha mengupayakan banyak hal untuk membuat konsumen tak lagi sekedar merasa butuh pada produk tertentu, tetapi bahkan memiliki kesetuaan khusus.
Aspek terakhir adalah perilaku. Aspek ini menuntut pengusaha untuk jeli mengamati secara detail tentang pola pembelian, loyalitas, atau respons terhadap promosi membantu pengusaha menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Dengan memahami semua aspek ini, pengusaha dapat menawarkan solusi yang lebih tepat dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Published at :