JoyRee: Inovasi Rengginang Kekinian yang Menghidupkan Tradisi dengan Sentuhan Modern
JoyRee hadir sebagai inovasi baru dalam dunia camilan dan makanan ringan dimana kami memakai rengginang yang diberi perasa seperti bumbu rasa jagung bakar serta balado yang mampu meningkatkan pengalaman customer dalam memakan rengginang dengan perpaduan rasa yang tidak biasa.
JoyRee sendiri hadir untuk memberikan pengetahuan serta melestarikan makanan jadul (jaman dahulu) yang mungkin kebanyakan anak muda sekarang jarang menikmatinya. JoyRee bertekad untuk memasarkan produk ke kalangan muda sebagai bentuk pelestarian makanan tersebut, namun disaat yang bersamaan tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan market pasar ke kalangan milenial keatas dan memberitahu mereka bahwa makanan yang biasa mereka nikmati saat kecil bisa di-inovasikan menjadi makanan yang lebih menarik.
Saat memasarkan produk makanan, tentu setiap bisnis mempunyai perkiraan waktu yang dianggap paling baik untuk menjualkan produk mereka. Untuk penjualan JoyRee, kami memusatkan penjualan saat pagi hari sampai dengan malam hari. Mengapa kami memilih rentang waktu tersebut? Karena menurut kami semua waktu adalah waktu yang tepat untuk menjualkan produk kami. Pagi hari ketika semua warga akan memulai aktivitas, mereka dapat menikmati makanan kami untuk menemani pagi mereka selagi menuju tempat kerja maupun ke sekolah, siang hari merupakan waktu ketika orang-orang menginginkan cemilan sehabis makanan berat ataupun sambil ngopi, maka JoyRee siap menjadi camilan yang bisa mereka nikmati, lalu malam hari ketika semua lelah dengan aktivitas yang telah mereka jalani sepanjang hari itu, mereka bisa menikmati produk kami sambil bersantai mengusir lelah.
Alasan kami membangun JoyRee karena kami ingin mengangkat snack ini yang jarang diketahui oleh anak muda. Rengginang secara umum masih diketahui sebagai camilan, makanan pelengkap saat acara keagamaan, atau bahkan menjadi makanan oleh-oleh. Berbeda dengan daerah pedesaan yang masih menikmati rengginang, kami ingin membawa kembali nama rengginang yang saat ini sudah mulai pudar di daerah perkotaan kembali dikenal dengan membawa JoyRee menuju market bisnis makanan saat ini, yang tentu memiliki ciri khas unik yang berbeda dari camilan lainnya namun tetap memiliki keorisinilan dari rasa asli rengginang.
JoyRee hadir dan menyapa para customer melalui outlet-outlet yang sudah tersebar di sekitar Pulau Jawa saat ini. Semua customer yang berdomisili di Jawa dapat menikmati JoyRee dengan beragam rasa yang menunggu dengan mengunjungi outlet-outlet kami. Harapannya nanti, tidak hanya masyarakat dari Pulau Jawa yang bisa mengetahui dan menikmati makanan ringan ini, namun orang-orang dari luar Pulau Jawa pun bisa ikut menikmati cemilan khas Jawa Barat ini dengan inovasi terbarunya.
Selain membawa nilai khas sebagai cemilan warisan lokal, nilai-nilai dan strategi lain apa yang kami bawa? Strategi bisnis kami dirancang untuk menciptakan makanan ringan yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai tambah di mata customer. Kami akan banyak mengikuti kolaborasi serta event sehingga JoyRee mampu meraih cakupan customer yang lebih luas dan mampu menyebarkan makanan bercita rasa rengginang ini untuk lebih banyak customer. Selain itu, kami juga akan selalu mendengarkan feedback dan saran yang diberi oleh customer kami, sehingga JoyRee mampu berkembang menjadi produk makanan seperti yang diinginkan customer.
Salah satu event yang telah kami ikuti adalah Bifest atau Binus Festival yang diselenggarakan pada tanggal 21 November 2024. Disana kami menjualkan produk kami ke berbagai mahasiswa dan mahasiswi yang datang saat festival itu diselenggarakan. Kami menyajikan dua rasa, yaitu rasa jagung bakar dan rasa balado. Meski tidak membawa banyak stok produk, semua porsi yang kami bawa laris manis. Saat Bifest, selain menjualkan produk, kami juga bertanya mengenai umpan balik apa yang bisa customer berikan terhadap produk kami, guna untuk meningkatkan kualitas produk kami. Melalui event ini kami mendapatkan banyak pembelajaran berharga, mulai dari bagaimana cara kita menyiapkan bahan-bahan, cara yang terbaik untuk memasarkan produk kami kepada para mahasiswa, hingga cara kita untuk memperkaya pilihan rasa guna memenuhi selera customer yang berbeda-beda.
Dosen : D6878 – Riri Carissa, S.E.,MSM
Anggota :
- 2602161160 – Ni Putu Ayu Sekar Pradnya Dewi
- 2602156242 – Anabel Valerie
- 2602154672 – Kania Puti Chairinnisa
- 2602156160 – Kevin Ardi
- 2602154230 – Nicolas Hansen
Published at :