People Innovation Excellence
 

Bedah Bisnis Menggunakan Business Model Canvas: Restoran Waralaba Cepat Saji McDonald’s

McDonald’s merupakan restoran cepat saji yang awalnya didirikan oleh Richard dan Maurice McDonald di San Bernardino, California dengan konsep Speedee Service System yang mereka perkenalkan, yang kemudian menjadi fondasi bagi model bisnis fast food modern. McDonald’s kemudian dikembangkan oleh Ray Kroc dengan membangun jaringan waralaba yang luas.

Sumber: antaranews.com

Waralaba (franchise) adalah sebuah sistem bisnis di mana pemilik merek dagang (franchisor) memberikan izin kepada pihak lain (franchisee) untuk menggunakan merek dagang, sistem bisnis, produk, atau jasa yang dimilikinya.

Apa perbedaan model bisnis antara franchisor dan franchisee McDonald’s?

Business Model Canvas dapat membantu dalam menganalisis model bisnis. Business Model Canvas (BMC) itu sendiri merupakan alat manajemen strategis yang digunakan untuk merancang, menganalisis, dan mengkomunikasikan model bisnis yang terdiri dari sembilan elemen utama yang saling terkait.

Value propositions atau penawaran nilai merupakan produk dan layanan yang ditawarkan McDonald’s untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah pelanggan. Franchisor dan franchisee McDonald’s memiliki penawaran nilai yang sama pada: menu makanan cepat saji umumnya berupa burger, kentang goreng, ayam goreng kriuk, es krim, dan minuman bersoda (https://www.mcdonalds.co.id/menu); konsistensi kualitas menu dan layanan; layanan cepat saji yang nyaman dan efisien; beragam pilihan menu yang terus diperbarui sesuai tren dan kebutuhan pelanggan; serta lingkungan yang bersih, nyaman, dan ramah keluarga. Namun, franchisor McDonald’s memiliki penawaran lainnya yang bukan untuk konsumen akhir, tetapi untuk franchisee, berupa akses ke merek global yang sangat dikenal dan dihargai oleh konsumen di seluruh dunia; proses bisnis, resep, dan prosedur operasional yang sudah teruji dan terstandarisasi untuk memastikan konsistensi dan efisiensi; pelatihan awal dan berkelanjutan, serta dukungan manajerial dan operasional; akses ke inovasi produk dan strategi pemasaran yang terus dikembangkan; dukungan kampanye pemasaran nasional dan global yang membantu menarik pelanggan ke restoran; manfaat dari skala ekonomi yang memungkinkan harga bahan baku dan perlengkapan yang lebih kompetitif; serta penjualan bahan baku, peralatan, dan produk dengan standar kualitas yang tinggi; memberikan akses lokasi strategis dan meminimalkan risiko operasional bagi franchisee.

Customer segments atau segmen pelanggan, merupakan kelompok orang yang ditargetkan atau dilayani oleh McDonald’s, di mana pelanggan franchisee adalah konsumen akhir, sedangkan pelanggan franchisor adalah konsumen akhir dan franchisee.

Channels atau saluran, merupakan cara produk dan layanan disampaikan McDonald’s kepada pelanggan yang dapat berupa cara penyampaian, evaluasi, pembayaran, pengantaran, dan umpan balik, di mana saluran untuk franchisee adalah restoran fisik, drive-thru, layanan pengiriman, aplikasi, dan situs web untuk pemesanan online. Sedangkan saluran untuk franchisor adalah yang telah dijabarkan pada saluran franchisee untuk konsumen akhir, ditambah konferensi dan seminar waralaba, situs web resmi dan portal, serta jaringan dukungan operasional regional untuk franchisee.

Customer relationship atau hubungan pelanggan, merupakan hubungan yang dibangun dan dipelihara dengan segmen pelanggan tertentu, di mana hubungan yang dibangun dan dipelihara oleh franchisee dengan konsumen akhir adalah program loyalitas pelanggan, layanan pelanggan yang responsif, dan interaksi melalui media sosial dan kampanye pemasaran. Sedangkan hubungan yang dibangun dan dipelihara oleh franchisor adalah yang telah dijabarkan untuk franchisee pada konsumen akhir, ditambah dukungan dan pelatihan berkelanjutan, program pengembangan bisnis, dan sistem manajemen hubungan dari franchisor untuk franchisee.

Revenue streams atau arus pendapatan, merupakan cara pendapatan dari setiap segmen pelanggan, di mana pendapatan dari konsumen akhir bagi franchisee dan franchisor berasal dari penjualan makanan cepat saji, dengan tambahan bagi franchisor dari franchisee berupa biaya awal waralaba, royalti berdasarkan penjualan, pendapatan dari penjualan bahan baku dan perlengkapan, serta pendapatan dari sewa properti.

Key resources atau sumber daya utama, merupakan aset tangible atau intangible penting yang diperlukan untuk membuat dan menawarkan proposisi nilai, serta menjalankan model bisnis, di mana sumber daya utama yang dibutuhkan franchisee adalah hak waralaba dan merek McDonald’s, lokasi restoran, staf dan tim operasional, modal awal dan investasi, serta akses ke sistem dan prosedur McDonald’s. Sementara sumber daya utama yang dibutuhkan franchisor adalah merek dan reputasi global, sistem operasional dan prosedur terstandarisasi, inovasi produk dan pemasaran, jaringan pemasok dan skala ekonomi, dukungan dan pelatihan, serta real estate dan properti.

Key activities atau aktivitas utama, merupakan kegiatan yang paling penting untuk menjalankan model bisnis, di mana kegiatan yang paling penting bagi franchisee adalah operasional restoran, pelayanan pelanggan, pengelolaan staf, pelaksanaan promosi dan pemasaran lokal, pengelolaan inventaris dan bahan baku, serta kepatuhan terhadap standar McDonald’s. Sementara kegiatan yang paling penting bagi franchisor adalah pengembangan dan pemeliharaan merek, inovasi produk dan menu, pelatihan dan dukungan untuk franchisee, manajemen jaringan pemasok, manajemen real estate dan penyewaan lahan, serta standarisasi dan kepatuhan operasional.

Key partnerships atau kemitraan utama, merupakan jaringan mitra dan pemasok yang membantu bisnis berjalan, di mana mitra utama franchisee adalah franchisor (McDonald’s Corporation), pemasok lokal, komunitas lokal dan organisasi, pemasok peralatan dan layanan, serta agen pemasaran lokal. Sementara jaringan mitra dan pemasok franchisor adalah franchisee, pemasok bahan baku, pengelola properti dan real estate, tim R&D dan inovasi, agen pemasaran dan periklanan, serta lembaga keuangan.

Cost structure atau struktur biaya, merupakan biaya-biaya yang timbul dalam mengoperasikan model bisnis, di mana biaya-biaya yang timbul bagi franchisee adalah biaya lisensi dan royalti, sewa lokasi, gaji dan biaya karyawan, bahan baku dan inventaris, biaya operasional harian, serta pemasaran dan promosi lokal. Sementara biaya-biaya yang timbul bagi franchisor adalah pengembangan dan pemeliharaan merek, riset dan pengembangan (R&D), dukungan dan pelatihan franchisee, manajemen real estate dan penyewaan lahan, operasional korporat, serta manajemen jaringan pemasok.

Berdasarkan pembahasan model bisnis menggunakan BMC, diketahui bahwa perbedaan model bisnis antara franchisor dan franchisee McDonald’s adalah pada fokusnya, di mana fokus franchisor utamanya adalah mengembangkan jaringan dengan memberdayakan franchisee, sementara fokus franchisee adalah operasionalisasi dengan melayani konsumen akhir secara lokal.

Perhatikan model bisnis franchisor, mengapa franchisee berperan sebagai customer sekaligus key partner?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close