MENJADI PEBISNIS DI USIA MUDA BERSAMA BINUS UNIVERSITY: SEBUAH PENGALAMAN BAGI MAHASISWA
MENJADI PEBISNIS DI USIA MUDA BERSAMA BINUS UNIVERSITY: SEBUAH PENGALAMAN BAGI MAHASISWA
Pada tanggal 14 Mei 2024, Confetti & Co sebagai usaha yang bergerak pada bidang pelayanan jasa menggelar pameran dalam acara Binus Festival yang diselenggarakan secara rutin oleh Binus University sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan skill bisnis dan mengembangkan ide usaha. Confetti & Co merupakan jasa penyedia acara ulang tahun yang mengangkat konsep unik, yaitu konsep ulang tahun childhood dreams yang spesifik dikhususkan untuk usia remaja dan dewasa. Kami sebagai pelaku usaha Confetti & Co mengenakan kostum ulang tahun dari berbagai karakter kartun terkenal sebagai representatif dari tema yang kami angkat, dan guna memeriahkan pameran usaha kami dengan kostum dan dekorasi pameran yang eye catching. Selain itu, kami juga menyiapkan banner dan brosur sebagai alat promosi dari usaha kami. Dalam menyiapkan untuk Binus Festival, kami mengalami beberapa tantangan, seperti yang pertama kesulitan mencari vendor kostum, kedua kamu juga mengalami kesulitan dalam membuat desain produk, dan kesulitan yang terakhir adalah membuat dan menemukan website dengan budget yang kita anggarkan.
Usaha kami terbukti mendapat antusiasme yang cukup tinggi dari mahasiswa dan dosen Binus University, hal ini dapat dilihat dari ramainya pengunjung yang datang, baik untuk melakukan wawancara, ataupun sekedar bertanya mengenai konsep dari usaha kami. Tujuan dari pameran usaha kami adalah untuk menaikan brand awareness kepada Binusian mengenai usaha kami, sehingga binusian dapat mengetahui value yang kami tawarkan kepada customer dari jasa kami. Dari Binus Festival, kami mendapatkan banyak respon positif dan negatif (masukan) dari mahasiswa yang berkunjung ke booth kami. Respon positif yang kami dapatkan adalah ide dari produk kami sangat menarik dan kreatif, inovasi baru untuk sebuah event organizer ulang tahun, dan mereka merasa senang ada event organizer yang menyediakan tema pesta ulang tahun dengan tema seperti anak-anak, karena mereka bisa merasakan menjadi anak kecil kembali. Respon negatif atau masukan yang kami dapatkan adalah temanya masih kurang beragam. Dari respon positif dan negatif yang diterima, kami dapat membenahi usaha yang kami jalankan.
Binus Festival sendiri terbukti menjadi event yang sukses dalam membangun semangat bagi para mahasiswa untuk membangun usaha, mengatur strategi dan ide usaha, serta berkoordinasi dengan tim. Tiap kelompok usaha yang ada pada pameran Bifest memiliki ciri khasnya masing-masing yang menjadi daya tarik customer dari berbagai segmen. Mata kuliah entrepreneurship telah membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif, inovatif, dan strategis sehingga lahirlah berbagai ide usaha yang cemerlang dengan struktur yang baik.
Sebagai mahasiswa, event ini dapat dikatakan sebagai pengalaman yang baru bagi kami sekaligus membuka insight baru mengenai dunia usaha. Dengan mengikuti event ini, kami memiliki wawasan dan gambaran mengenai tata cara membangun usaha dan menyusun perencanaan usaha yang efektif guna mempertahankan bisnis yang dijalankan.
Published at :