People Innovation Excellence
 

“The Legend of KONING”

Pada hari Kamis, 15 Februari 2024, merupakan hari lahirnya kopi unik bernama “KONING”. Merupakan tanggal dimana kelompok 2 terbentuk yang terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa Hotel Management yang terdiri dari Cherly Pricilia Martheo, Carolline Sutiono, Ronald Gunawan dengan campuran 2 (dua) mahasiswa Exchange Student yang berasal dari dua negara yang berbeda dengan ciri khasnya masing – masing satu bernama Touhafi Riffi Hicham yang berasal dari Maroko dan Yara Josephine Hendrika Hollebekkers yang berasal dari Belanda yang setiap mereka masing-masing memiliki kepribadian yang unik. Pada awal mata kuliah Entrepreanur: Prototyping 2.0, dosen kami bernama ibu Irene Teresa Rebecca Hutabarat S.Mb., M.M , yang mulai dari week pertama sudah langsung menginfokan untuk membuat suatu produk Prototyping yang akan kita realisasikan sebelum week 13.

Disanalah terbentuk suatu inovasi dan ide kopi bening yang akan kami pilih untuk produk kita, selanjutnya kami memilih nama untuk brand produk ini salah anggota kami bernama Ronald Gunawan yang langsung mencoba mencampurkan dua kata yaitu KOpi dan beNING sehingga tercetuslah brand “KONING”, dan kebetulan “KONING” dalam bahasa Belanda memiliki arti “RAJA” oleh karena itu dalam mendesign logo kami menambahkan design mahkota, lalu kami melakukan peluasan produk kami dimana awalnya hanya ada satu varian rasa lemon, lalu berkembang lagi menjadi 3 (tiga) rasa yaitu lemon, jambu, dan anggur. Lalu, setelah melakukan pemilihan rasa, kami melakukan uji coba dalam membentuk produk ini.

Kelompok kami sudah melewati 4 (empat) tahap uji coba dengan beberapa tahapan perbaikkan mulai dari rasa, warna, dan packaging. Lalu setelah uji coba yang penuh dengan perjuangan dan mendapatkan approved dari kedua dosen tercinta kami yaitu Ibu Irene Teresa Rebecca Hutabarat S.Mb., M.M  dan Sir. Indra Kusumawardhana, Ba., M.Sc selaku dosen Coffee Art kami. Pada hari Kamis, 13 June 2024, kami mulai membuka stand untuk kami berjualan clear coffee mocktail ini ke mahasiswa BINUS dengan support dari BEC (Binus Entreprenur Center) dan kedua dosen kami yang sudah memfasilitasi kelompok kami berjualan, akhirnya kami pun secara resmi pukul 9.00 kami berjualan di Entre-Corner untuk pertama kalinya. Awal kelompok kami pesimis karena sangat sepi pada kondisi saat itu, tetapi setelah beberapa jam kemudian berkat doa dan kerja keras kami dalam mempromosikan produk baru ini membuahkan hasil yang manis sekali, perlahan-lahan mulai dari satu orang yang membeli, hingga sampai ramai. Rasa putus asa akan tidak lakunya produk kita pun hilang dan berubah menjadi kesenangan tiada tara dalam melayani setiap pembeli yang datang, Sehingga pada pukul 12.50 siang produk kami sudah habis tiada tersisa, yang pada rencana awalnya kami hanya ingin menjual 30 produk, tetapi karena adanya dorongan dan support dari dosen-dosen kami yang tercinta dan selalu meyakinkan kami untuk menaikkan jumlah produk yang akan kami jual, maka pada saat itu kami mengambil saran dan sekaligus menerima tantangan dari dosen kami, kami pun menaikkan jumlah produk yang kami jual dan secara otomatis kami juga menaikkan Food Cost yang pada awalnya hanya untuk 30 produk menjadi 60 produk, dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar untuk di kalangan mahasiswa yang iseng-iseng berjualan, seluruh jerih payah dan keringat yang kami keluarkan terbayar sudah. Yang awalnya kami berjualan hanya untuk mencari pengalaman dalam berjualan, sekarang dapat sekaligus menghasilkan keuntungan yang lumayan. Oleh karena itu, kami kelompok dua ingin mengucapkan terima kepada seluruh pihak dan teman-teman yang seluruh mensupport kami dan BEC yang sudah memfasilitasi kami dalam membuka usaha ini. Sekaligus kami juga ingin mengajak seluruh mahasiswa Binus atau siapapun yang membaca artikel ini jangan pernah takut untuk membuka usaha, selalu coba untuk mengambil resiko dan jangan lupa untuk selalu enjoy pada saat menjalankan usaha kalian karena itu merupakan salah satu kunci untuk sukses. Sekian artikel kami tulis dan semoga dapat memotivasi kalian semua dan saya


tunggu cerita dari usaha kalian, Terima kasih !!!.

– Cheryl Pricilla Martheo – 2602079086

– Yara Josephine Hendrika Hollebekkers – 2802462015

– Ronald Gunawan – 2602118686

– ⁠Carolline sutiono 2602107322

– Touhafi Riffi Hicham– 2702463622

Penulis: Ronald Gunawan

Tanggal Penulisan: Sabtu, 15 Juni 2024


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close