People Innovation Excellence
 

Pengaruh Mata kuliah Entrepreneur terhadap Keinginan Mahasiswa untuk Menjadi Entrepreneur

 

 

Mycogetic:

JULIA CHRISTINA – 2602076600

WILLIAM KENT SANTOSO – 2602216286

STEVE TEDJO KESUMO – 2602116024

MUHAMMAD RAFLI ADNAN – 2440057180

MUHAMMAD FARIZ ALGHIFARI – 2440072276
Mata Kuliah: Entrepreneurship

DOSEN : IRENE TERESA REBECCA HUTABARAT, S.MB, MM

Menurut KBBI, entrepreneurship atau yang dikenal juga sebagai kewirausahaan merupakan sesuatu yang identik dengan wirausaha; kata ini berasal dari Bahasa Perancis, entreprendre, yang memiliki makna ‘melakukan’. Konsep kata ini memiliki makna dimana dalam sebuah usaha tersebut terdapat proses menciptakan berbagai hal baru yang dapat menjadi keuntungan. Sehingga, kata ini dapat disimpulkan sebagai sebuah aktivitas dimana membuka usaha pribadi dengan dasar kreativitas dan inovasi baru dalam prosesnya.

Dalam sebuah kegiatan terutama dalam usaha terdapat tujuan yang ingin dicapai oleh seorang wirausaha, misalnya meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya. Selain itu, entrepreneurship juga memiliki manfaat, seperti, memberikan perluang dan kebebasan untuk menentukan serta mengendalikan kegiatan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Melalui entreprenurship, seseorang dapat menciptakan peluang usaha melalui suatu kegiatan atau hal yang disukai sehingga menghasilkan laba. Hal ini dapat diartikan, pekerjaan yang dilakukan seseorang dapat berdasarkan hobi yang disukainya. Setiap kegiatan tentu memiliki tahapan proses demikian pula dengan kegiatan entrepreneurship. Tahap-tahap entreprenuership memiliki empat tahapan; tahapan memulai, tahapan melaksanakan, tahap mempertahankan usaha, dan tahap mengembangkan usaha.

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh mahasiswa melalui entrepreneurship, mahasiswa diharapkan dapat menjadi pelopor dalam mengembangkan dan menciptakan sebuah usaha. Rendahnya minat mahasiswa untuk memulai kegiatan entrepreneurship dimana banyak mahasiswa yang berorientasi untuk mencari pekerjaan dan bukan sebaliknya. Oleh karena itu, pihak universitas menyediakan mata kuliah entrepreneurship dengan tujuan agar mahasiswa memiliki minat serta motivasi untuk melakukan kegiatan wirausaha.

Melalui tahapan yang dilalui dalam proses melakukan kegiatan wirausaha, mahasiswa melalui tahapan-tahapan dimana mahasiwa akan mempelajari permasalahan yang terjadi; yang kemudian mahasiswa akan mencoba mencari sebuah solusi yang inovatif dan kreatif. Pada saat tahap melaksanakan, melalui keuntungan yang didapatkan, mahasiswa menjadi memiliki motivasi untuk mengembangkan usaha yang sedang dilakukan. Tahapan mempertahankan dan mengembangkan usaha, menyebabkan mahasiswa akan membuat berbagai pertimbangan dimana dapat menyebabkan usaha ini menjadi lebih baik melalui berbagai inovasi dan kreativitas.

Dalam mata kuliah entrepreneurship, mahasiswa melalui tahapan-tahapan di atas sehingga mahasiswa akan mencapai suatu kesenangan apabila kegiatan usaha yang dilakukan berhasil dan berjalan dengan baik. Setelah berakhirnya mata kuliah entrepreneurship, seringkali apabila usaha yang dijalankan oleh mahasiswa berhasil, mahasiswa tersebut akan memiliki minat untuk melanjutkan dan mengembangkan usaha tersebut. Selain itu, mahasiswa akan kembali menciptakan usaha baru. Apabila usaha yang dijalankan mahasiswa kurang berhasil, mahasiswa tersebut akan mencoba mengembangkan usahanya sehingga usaha tersebut dapat menjadi lebih baik dan berhasil di kemudian hari.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close