Rahasia Shopee Bertahan di tengah Bergugurannya Market Place Online
by Dotty Wimpertiwi (D4668)
Beberapa tahun terakhir, kita mengetahui di Indonesia perusahaan start-up Indonesia di
berbagai bidang termasuk e-commerce terpaksa menutup perusahaannya akibatnya kerasnya
persaingan bisnis. Memasuki tahun 2023, start-up perusahaan besar yang menyasar C2C
(Customer to Customer) yang masih bertahan dan mendominasi tinggal Shopee dan Tokopedia.
Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara. Shopee
didirikan tahun 2015 dan telah berkembang pesat menjadi salah satu platform belanja online
yang paling populer di wilayah tersebut, salah satunya di Indonesia. Shopee menyediakan
berbagi produk mulai dari pakaian, elektronik, peralatan rumah tangga, hingga makanan dan
minuman. Pengguna dapat menggunakan dan membeli produk-produk tersebut melalui
aplikasi Shopee yang tersedia di perangkat seluler.
Walaupun demikian Shopee bukan berarti tidak memiliki masalah di dalam perjalanannya.
Pada tahun 2022 tercatat induk usaha Shopee, Sea, telah mem-PHK 7.000 orang atau sekitar
10 persen dari total pegawainya di seluruh dunia. Shopee juga telah diketahui menutup dan
membatalkan ekspansi mereka di berbagai negara yaitu negara Spanyol, Prancis, dan India. Di
Indonesia sendiri, Shopee telah memPHK sejumlah pekerjanya sekitar 3% dari 6.232 orang.
Selain itu Shopee harus menghadapi berbagai masalah selama beroperasi, dan berupaya keras
mengatasi berbagai masalah tersebut.
Berikut adalah beberapa masalah yang di hadapi shopee selama beroperasi dan cara Shopee
mengatasinya :
1. Kompetisi dan rivalitas yang sengit.
Shopee beroperasi di pasar yang sangat kompetitif. Persaingan ini jelas menuntut shopee
untuk terus melakukan inovasi di era digitalisasi dan menawarkan keunggulannya untuk
bisa bertahan. Caranya adalah dengan membangun kepercayaan konsumen. Dalam rangka
membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen, Shopee menghadirkan
pengalaman berbelanja yang aman dan handal, memastikan keaslian produk, serta
memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Diantaranya adalah dengan
menghadirkan berbagai fitur sebagai berikut: Verifikasi dan Penilaian Penjual, Garansi
Keaslian Produk, Kebijakan Perlindungan Pembeli, Layanan Pelanggan yang Responsif,
Transaksi Aman, Program Jaminan Pengembalian Uang.
2. Logistik dan pengiriman.
Efisiensi dalam proses pengiriman menjadi tantangan bagi Shopee. Hal ini juga merupakan
faktor penentu kepuasan konsumen. Shopee mengatasinya dengan melakukan hal berikut:
Kemitraan dengan Layanan Logistik, Program Shopee Express, Perbaikan Proses
Pengiriman, Program Gratis Ongkir dan Diskon Pengiriman, Pengembangan Layanan
Pengiriman Langsung.
Selain memiliki berbagai macam produk, fitur dan cara di dalam menghadapi masalah-
masalahnya. Shopee memiliki beragam fitur seperti fitur-fitur interaktif seperti fitur “Shopee
Live” yang memungkinkan penjual untuk melakukan siaran langsung dan menghadirkan
konten yang menarik yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara langsung
dengan penjual seperti bertanya tentang produk, dan dapat membeli produk secara langsung
selama siaran langsung berlangsung. Selain itu fitur “Shopee Mall” yang menyediakan produk-
produk dari brand terkenal dan resmi sebagai jaminan kepada pengguna bahwa produk yang
mereka beli adalah asli dan berkualitas. Fitur ShopeePay yang merupakan layanan pembayaran
digital milik Shopee yang memudahkan pengguna melakukan transaksi secara aman dan
nyaman. Dan adanya berbagai promosi, diskon, dan flash sale yang menarik seperti “Shopee
9.9 Super Shopping Day” atau “Shopee 11.11 Big Sale” yang menawarkan potongan harga
besar-besaran dan penawaran menarik kepada pengguna. Dengan produk-produk yang ada dan
melakukan inovasi terus-menerus, Shopee terus menjadi salah satu platform belanja online
terbesar dan paling populer di Asia Tenggara, serta dapat bertahan di kala isu kebangkrutan
Start-up tidak hanya di Indonesia namun berlaku global.
REFERENSI:
https://ginee.com/id/insights/penjualan-shopee-menurun/
https://wartaekonomi.co.id/read134357/tiga-tantangan-yang-dihadapi-ecommerce-shopee
https://shopee.co.id/
https://dailysocial.id/post/momentum-bisnis-e-commerce-indonesia-di-tahun-2023
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221121120431-37-389817/goto-shopee-phk-ini-
daftar-startup-ri-bangkrut-dan-tutup
REFERENSI:
https://ginee.com/id/insights/penjualan-shopee-menurun/
https://wartaekonomi.co.id/read134357/tiga-tantangan-yang-dihadapi-ecommerce-shopee
https://shopee.co.id/
https://dailysocial.id/post/momentum-bisnis-e-commerce-indonesia-di-tahun-2023
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221121120431-37-389817/goto-shopee-phk-ini-
daftar-startup-ri-bangkrut-dan-tutup
Published at :