People Innovation Excellence
 

Sumber-sumber Pendanaan Startup

Saat ini marak sekali startup dengan idenya yang bagus-bagus. Indonesia sendiri merajai jumlah startup di wilayah Asia Tenggara. Hal ini berdasarkan data Startup Ranking per 14 Juni 2023 yang menunjukkan, ada 2.483 startup di Indonesia. Mengikuti laju perkembangan startup, seiring berjalan juga banyak pihak yang tertarik berinvestasi ke dalam startup.

Berikut ini sumber-sumber pendanaan startup selain dari dana pribadi para pendiri nya yang dapat menjadi referensi :

1.   Crowdfunding

Crowdfunding adalah pendanaan dari orang banyak untuk memberikan modal kepada suatu usaha atau bisnis. Crowdfunding kemudian memiliki beberapa kategori lagi seperti Reward-based Crowdfunding, Donation-based Crowdfunding, Equity Crowdfunding, dan Debt Crowdfunding.

2.  Incubator

Incubator adalah program yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu pengembangan suatu usaha kecil yang baru berdiri agar bisa sukses.

3.  Venture Capital

Venture Capital (VC) merupakan salah satu big fund, yaitu sumber dana yang bisa memberikan dana dalam jumlah yang besar.

Pengertian dari Venture Capitalist atau Venture Capital Funds adalah pihak-pihak yang melakukan kegiatan manajerial, pendanaan, dan pengawasan. VC terdiri dari kelompok investor kelas atas, bank investasi, dan lembaga keuangan besar yang lain.

Meski memiliki dana yang banyak, VC sangat selektif dalam menginvestasikan dananya. Tak heran kehadirannya menjadi rebutan setiap startup. Namun, VC hanya memilih startup yang berpotensi jangka Panjang dan yang dirasa mampu go-public saja.

4.   Angel Investor

Angel investor adalah kegiatan investasi yang dilakukan oleh investor atau orang kaya yang mensponsori perusahaan startup. Biasanya, mereka menyumbang untuk mencapai tahap perkembangan pada perusahaan startup. Karena dilakukan oleh perorangan, jumlah yang disumbangkan biasanya terbatas.

Silahkan pilih investor bagaimana yang akan anda ajukan untuk pitching startup anda. Sukses buat startup Indonesia!

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close