StoriaCura
STORY OF VALIDATION JOURNEY – ENTR 6511 | |||||||
SEMESTER | : | GENAP 2022 | |||||
NAMA KELOMPOK | : | StoriaCura (Kelompok 5) | |||||
KODE KELAS | : | ENTR6511005 | |||||
NAMA MAHASISWA | : | ||||||
1 | 2501965020 | Audrey Phoebe Kurniawan | |||||
2 | 2540121032 | Sandrina Myra Wijaya | |||||
3 | 2540134413 | Leandra Lagunara | |||||
4 | 2501960051 | Joycelyn Melody |
Market validation yang dilakukan telah menimbulkan pertanyaan-pertanyaan mengenai cara menjalankan bisnis serta memberikan sejumlah insight penting yang dapat diterapkan untuk bisnis ini kedepannya. Pertama, melalui market validation, kami mengetahui langsung sebenarnya apa yang customer inginkan. Hal tersebut berupa harga yang lebih murah, memperbaiki tekstur, menambah varian aroma dan karakter, memberikan freebies (pernak-pernik gratis), membuat desain packaging menjadi lebih dekoratif, serta menambahkan seal liner di stoples kosmetik agar lebih higenis. Customer juga memiliki keinginan akan sugar scrub yang menggunakan bahan-bahan alami dan non-toxic, serta memiliki banyak manfaat.
Kemudian, kami juga mengetahui siapa yang menjadi target market kami yaitu penggemar karakter fiksi (niche market) dengan rentang usia 7-24 tahun. Alasan dipilihnya target market tersebut tidak lain karena luasnya target market tersebut. Niche market adalah segmentasi pasar yang lebih spesifik, yaitu orang-orang dengan kebutuhan yang unik daripada yang lain – seperti penggemar anime & K-pop. Meskipun terlihat lebih spesifik, sebenarnya niche market sangat luas dan memiliki daya beli yang tinggi. Adapun pihak yang saat ini terlibat dalam proses pembuatan produk yaitu dikerjakan secara handmade oleh pihak internal perusahaan (CEO, COO, CFO, CTO). Namun kedepannya akan bekerja sama dengan pihak eksternal dengan cara melakukan outsourcing produksi barang ke contract manufacturers.
Selain itu, kami menetapkan di mana kami akan menjalankan usaha. Kami memutuskan untuk melakukan kegiatan jual-beli melalui platform e-commerce, yaitu Tokopedia dan nantinya, Shopee. Kami juga melakukan promosi produk serta memperkuat branding kami melalui berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
Selanjutnya, mengenai kapan menjalankan usaha, kami akan memulai usaha pada bulan September 2023 dengan segala persiapan yang sudah selesai. Saat ini kami masih membutuhkan waktu sebagaimana sedang berada di tahap mempersiapkan dan melengkapi beberapa hal terlebih dahulu, seperti alat dan bahan serta beberapa keperluan lainnya.
Perihal bagaimana memodifikasi produk sesuai apa yang diinginkan customer, dapat dimulai dengan menambah variasi aroma, memperbaiki formula (dengan cara menggunakan Vaseline agar tekstur menjadi lebih halus dan seperti gel), & menambah berbagai carrier oil agar manfaat scrub bertambah. Telah ditetapkan juga target yaitu kedepannya menambah 3 varian baru berupa 1.) limited edition coffee scrub dengan bahan dasar brown sugar dan sweet almond oil, 2.) menambah varian 2 karakter fiksi lain berupa Imperial Moon Blossom (terinspirasi oleh karakter Mulan) & Pocahontas’s Sunflower Field (terinspirasi oleh karakter Pocahontas). Adapun hal lain yang perlu dilakukan yaitu memberikan freebies, kartu cara pemakaian, modifikasi packaging menjadi lebih dekoratif, dan menambah media e-commerce.
Mengapa memodifikasi produk sesuai hasil market validation penting? Modifikasi tersebut tentunya penting untuk mempermudah berjalannya bisnis kedepannya & mempertahankan bisnis dari kerugian/kegagalan. Modifikasi tersebut juga bertujuan untuk menyesuaikan dengan keinginan target market. Mengapa modifikasi dilaksanakan sebagaimana yang telah disebutkan diatas? Tentunya karena lebih hemat, efisien, dan efektif.
Published at :