People Innovation Excellence
 

Value Co-Creation: Membangun Nilai Bersama dalam Strategi Pemasaran

oleh : Stefanus Rumangkit – Lecturer Binus Entrepreneurship Center

Salah satu prinsip dalam manajemen pemasaran adalah semua aktivitas dalam perusahaan harus berorientasi pelanggan. Hal ini dikarenakan, pelanggan merupakan fokus dari sebuah perusahaan tersebut. Dengan berfokus pada pelanggan, perusahaan dapat memahami kebutuhan, preferensi, dan harapan pelanggan mereka. Berdasarkan teori service dominant logic terjadi pergeseran paradigma pemasaran dari fokus pada produk dan layanan menjadi fokus pada kolaborasi. Menurut teori ini, nilai diciptakan dalam interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan. Dalam konteks ini, pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan mengakui peran aktif pelanggan dalam menciptakan nilai bersama.

Teori service dominant logic mengedepankan konsep value co-creation. Dalam konsep value co-creation, pelanggan dianggap sebagai mitra dalam menciptakan nilai. Pelanggan tidak hanya dilihat sebagai penerima pasif produk atau layanan, tetapi juga sebagai kontributor yang berperan aktif dalam proses penciptaan nilai. Dengan melibatkan pelanggan dalam kolaborasi dan partisipasi, perusahaan dapat memanfaatkan pengetahuan dan kreativitas pelanggan untuk meningkatkan nilai yang dihasilkan. Ketika pelanggan terlibat dalam penciptaan nilai, mereka merasa lebih diperhatikan dan dihargai. Ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka memiliki peran aktif dalam memperoleh nilai yang mereka inginkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close