People Innovation Excellence
 

TRANSMART TUTUP BEBERAPA GERAINYA, BANGKRUT ATAU STRATEGI BERTAHAN?

Oleh Dotty Pertiwi

Transmart, adalah salah satu retail modern di bawah naungan PT Trans Retail Indonesia milik konglomerat Chairul Tanjung dikabarkan menutup sejumlah gerai milik mereka.  Diisukan bangkrut karena disinyalir sejak tahun 2022, bahwa Transmart menutup 12 gerai miliknya, dari 7 gerai ditutup di tahun 2023.

Dikabarkan akan bangkrut mengikuti jejak Giant yang gukung tikar di 2021, karena perubahan pola belanja konsumen yang sudah berubah dari offline menjadi online, namun hal itu dibantah oleh ketua umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau kita kenal APRINDO. Lebih lanjut lagi menyikapi rumor kebangkrutan salah satu anggota asosiasinya, Roy menyatakan bahwa Transmart sedang meredesign bisnis model, level servis, ketersediaan barang, dan pengaturan tenan  yang dilakukan oleh mereka. Sehingga berbeda dengan Giant, Ketua Aprindo tersebut menyatakan bahwa Transmart tidak akan tutup.

Ditambahkan oleh Roy bahwa pengusaha ritel modern tidak akan terlepas dari perubahan zaman di era sekarang. Transmart melakukan suatu strategi untuk bertahan di era modern ini mencari lokasi lebih strategis, dan menutup toko lamanya yang disinyalir sepi dari pengunjung. Jadi walaupun telah menutup beberapa gerainya dari 95 gerai keseluruhan, masih ada gerai yang lain yang masih banyak bertahan. (DWD).

 

 

Referensi:

https://www.youtube.com/shorts/-vJTYwjPj5c

https://www.merdeka.com/uang/beda-dengan-giant-transmart-tutup-bukan-karena-bangkrut.html

https://ekonomi.bisnis.com/read/20230208/12/1626175/gerai-transmart-berguguran-aprindo-bukan-bangkrut-tapi

https://ekonomi.republika.co.id/berita/rpsgi8502/transmart-dirumorkan-hampir-bangkrut-ini-jawaban-aprindo


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close