LANGKAH MENYUSUN KAMPANYE PEMASARAN YANG TEPAT SASARAN
LANGKAH MENYUSUN KAMPANYE PEMASARAN YANG TEPAT SASARAN
oleh Nurina Suhardjono
Bicara tentang pemasaran digital, kita tentu langsung terbayang pemanfaatan berbagai media online untuk melakukan pemasaran. Pemasaran digital atau online tidak dapat terlepas dari yang Namanya kampanye pemasaran. Jadi apakah kampanye pemasaran?
Kampanye pemasaran adalah tindakan terorganisir dan terencana yang dibuat untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan kesadaran, menjangkau konsumen, meningkatkan kunjungan, rebranding dan lain-lain.
Adapun Komponen-komponen umum dari kampanye pemasaran meliputi :
(1) Promosi,
(2) Iklan
(3) Pendistribusian
(4) Merchandise
(5) Harga
Agar dapat Menyusun kampanye pemasaran yang tepat kita dapat menggunakan digital marketing canvas dengan model seperti berikut ini
Dengan menggunakan digital marketing canvas maka kita dapat mendeskripsikan secara jelas target yang kita tuju, kemudian value apa yang kita tawarkan, saluran apa yang akan kita gunakan, kemudian perjalanan customer yang mana yang akan kita bidik, serta bagian terbaiknya adalah dengan menggunakan digital marketing canvas ini kitab isa menentukan KPI dan pengukuran yang akan kita gunakan untuk mengetahui apakah kampanye tersebut berhasil. Dan tentu saja kita juga diminta untuk mendeskripsikan taktik secara jelas. Jadi jika ingin kampanye pemasaran kita berhasil, tidak lagi hanya cukup menentukan media sosial apa yang kita gunakan dan langsung membuat konten. Namun ada baiknya kita menjabarkan dengan baik kampanye yang akan kita lakukan agar kita bisa terhindar dari kerugian.
Published at :