People Innovation Excellence
 

Peluang usaha sampingan penukaran uang

Oleh Haryatno – D5655

Menjelang lebaran, pelaku bisnis jasa penukaran uang mulai menjamur di pinggir jalan.Untuk memulai bisnis ini, modal minimum para penjaja uang receh tidak lah kecil, bisa mencapai puluhan juta rupiah.Seperti Hutagaol, pelaku bisnis penukaran uang receh di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur, bercerita bahwa dia sudah menggeluti bisnis jasa ini sejak tahun 2017, dengan modal awal saat itu Rp10 juta.Jika dilihat berdasarkan profil pekerjaan Hutagaol, modal tersebut cukup besar.Dia merupakan pengemudi ojek online, dan sang istri adalah ibu rumah tangga.Pendapatan harian keduanya tidak menentu.” ya dari pinjaman ada, dari hasil tabungan.Pinjaman uang itu kan pasti akan balik karena uangnya memang tidak dibelanjakan barang,” kata Hutagaol  .Hutagaol menganggap bisnis seperti ini bukan sebagai bisnis yang menjanjikan. Terlebih, bisnis ini hanya bisnis musiman. Dia enggan menyampaikan keuntungan dalam sehari dari bisnis ini. Di sana, sudah ada koordinator langganan yang mengakomodir para pelaku bisnis dadakan seperti Hutagaol.Modal awal berbisnis ini sekitar Rp20 juta.Uang tersebut merupakan hasil serabutan menjadi pekerja rumah tangga, berdagang, dan hasil bengkel tambal ban sang suami di Kranji, Kota Bekasi.Sama seperti Hutagaol, tempat Mince menukar uang receh bukanlah di Bank Indonesia. Ada koordinator yang mengakomodir kebutuhan penukaran uang receh bagi partai kecil.Tarif penukaran uang receh di Mince sebesar 10 persen, artinya jika pelanggan menukar uang receh minimal Rp100.000 maka biaya yang harus dibayar kepada Mince adalah Rp110.000, dan begitu seterusnya. Tarif 10 persen menurut Mince adalah persentase moderat, mengingat, saat ia menukar uang ke koordinator turut dibebankan tarif 3 persen. Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, tren peningkatan uang receh akan tinggi saat H-7 lebaran. Per hari, ia mengatakan keuntungan dari bisnis penukaran uang yaitu Rp100.000. Tergantung jumlah uang yang ditukar,» kata Mince. Com di Jalan Caman, Kalimalang, Jakarta Timur, pelaku bisnis penukaran uang receh lebih dari 10 lapak. Pada kursi plastik tempat menjaja uang receh tertulis «Penukaran Uang Baru», «Tukar Uang Receh Baru».


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close