People Innovation Excellence
 

Virtual Store Di Sosial Media

 

Oleh Sugihart0 – D5371

Dunia digital sudah merambah ke semua sisi, termasuk di Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM), dimana penjualan online sudah menjadi keharusan untuk memperluas pasar.

Beberapa waktu lalu platform ecommerce seperti marketplace menjadi satu satu nya cara termudah para UMKM untuk memasarkan secara online seperti di platform Tokopedia, Bukalapak, Shoppe dan lainnya. Keuntungan dalam penjualan secara online melalui marketplace tersebut mempunyai banyak keuntungan bagi UMKM yaitu:

  1. Tidak ada cost development platform.
  2. Store online sudah tersedia di dalam platform marketplace.
  3. Manajemen rekening bersama yang disediakan oleh pihak marketplace.
  4. Cakupan pasar menjadi semakin luas dimana saja konsumen berada.
  5. Sudah terintegrasi dengan sistem pihak delivery.

Keuntungan diatas tersebut yang menjadi dasar banyak UMKM masuk ke dalam platform marketplace dan ditambah pada saat awal dahulu tidak dikenakan biaya bagi para UMKM atau seller yang berbading lurus dengan banyaknya toko-toko offline di pusat perbelanjaan tutup. Berjalannya waktu marketplace mengenakn berbagai biaya bagi para UMKM atau seller seperti biaya transaksi, biaya admin, biaya digital marketing dan lainnya. Hal tersebut menjadi satu tantangan baru bagi UMKM dimana harus menyesuaikan cost produksi dan harga jual agar tetap menarik bagi konsumen.

              Saat ini sudah ada alternatif penjualan online selain melalui marketplace, yaitu dengan pemanfaatan sosial media sebagai platform baru penjualan secara online. Tiktok dan Instagram menjadi platform yang banyak dipakai oleh para UMKM menjadi pilihan baru atau channel baru penjualannya secara online. Tiktok mengkedepankan virtual dimana setiap pemilik akun akan posting berupa video dan dapat secara real time streaming, dimana fitur tersebut menjadi cara baru UMKM menawarkan produknya real time secara virtual yang seolah olah para konsumen dapat melihat langsung bentuk fisik produk sepeti mereka dating ke pusat perbelanjaan yang dapat secara langsung bertransaksi membeli produk tersebut. Era baru ini menjadikan secara langsung UMKM memiliki virtual store yang dapat dilihat konsumen dari mana saja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close