Value Proposition Canvas
Stefanus Rumangkit, S.E., MSc
D6646
Value proposition canvas merupakan sebuah tool yang dapat membantu kita mengenal lebih dalam mengenai produk atau jasa, apa yang menjadi kebutuhan konsumen, sehingga kita dapat menciptakan value untuk konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. VPC yang baik adalah manfaat yang menyelesaikan permasalahan pelanggan. Setiap value proposition dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan. VPC dapat digunakan kedalam dua jenis bisnis, baik bisnis yang baru maupun bisnis yang lama. VPC pada jenis usaha baru digunakan untuk mengidentifikasi customer segment dan value proposition yang benar-benar baru, sedangkan untuk VPC pada bisnis yang sudah berjalan digunakan untuk mengembangkan, memperbaiki, maupun improve untuk bisnis yang sudah berjalan tersebut. VPC terdapat 2 elemen penting, yaitu customer profie dan value map. Customer profile menjelaskan Seperangkat Karakteristik Pelanggan yang anda asumsikan, amati dan verifikasi di pasar. Sedangkan, Value map merupakan Seperangkat keuntungan atau benefit proposisi nilai yang anda desain untuk menarik pelanggan
Published at :