People Innovation Excellence
 

Mengenal Emphaty Map

oleh Satrio Matin Utomo

Empathy Map merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk kita dapat lebih mengenal dan memahami bagaimana target audience yang mana bertujuan untuk dapat mencocokan strategi bisnis yang dimiliki dan value proposition yang kita miliki dengan keinginan, kebutuhan, tujuan, dan perasaan konsumen. Umumnya, empathy map ini biasa digunakan dalam proses design thinking dan hal ini dapat berguna bagi para stakeholders untuk dapat berpikir tentang user bukan produk yang akan dibuat

Pada umumnya pembuatan emphaty map terbagi dalam beberpa kuadran dan dapat menempelkan sticky notes pada kuadran tersebut. Dalam kuadran tersebut terdapat beberapa pertanyaan untuk menyelesaikan beberapa penelitian terkait para pengguna. Seperti yang ada pada contoh dibawah ini:

  1. Apa yang dipikirkan dan dirasakan pelanggan? (Think and feel)
  • Apa yang dikhawatirkan atau ditakuti oleh pelanggan?
  • Apa pelanggan puas? Mengapa atau mengapa tidak?
  • Apa prioritas pelanggan?
  • Apa mimpi dan aspirasi pelanggan?
  • Apa yang menyebabkan reaksi emosional pelanggan?
  1. Apa yang didengar oleh pelanggan? (Hear)
  • Apa atau siapa yang mempengaruhi pelanggan?
  • Apa pelanggan mudah dipengaruhi?
  • Dimana pelanggan mendapatkan informasi?
  • Apa channel informasi yang sering digunakan pelanggan?
  1. Apa yang dilihat oleh pelanggan? (See)
  • Apakah pelanggan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat umum atau secara pribadi?
  • Seperti apa lingkungan pelanggan?
  • Bagaimana cara pelanggan berinteraksi dengan lingkungannya?
  1. Apa yang dikatakan dan dilakukan oleh pelanggan? (Do)
  • Bagaimana pelanggan menggambarkan dirinya di depan orang lain?
  • Kata-kata apa yang digunakan pelanggan saat berbicara?
  • Informasi seperti apa yang tidak dibagikan atau ditinggalkan ketika berbagi dengan orang lain?
  • Perbedaan antara perkataan dan perilaku pelanggan?
  1. Apa saja ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan? (Pain)
  • Apa rintangan yang harus diatasi oleh pelanggan?
  • Apa keluhan dari pelanggan?
  • Apa alasan pelanggan masih belum bisa mencapai tujuannya?
  1. Apa keuntungan yang didapati pelanggan? (Gain)
  • Apa cara yang digunakan pelanggan untuk mencapai kesuksesan?
  • Bagaimana kesuksesan itu diukur dan seperti apa?
  • Apa tujuan jangka pendek dan panjang yang diinginkan oleh pelanggan?

 

Empathy map dibuat sebelum product requirements, tetapi setelah user research pada tahapan awal. Product strategy membahas mengenai pemecahan masalah, dan empathy map menjelaskan masalah yang harus dipecahkan dan bagaimana memecahkan masalah tersebut karena kedepannya Empathy map ini akan berpengaruh dengan ide bisnis yang akan dijalankan. Empathy map akan mempengaruhi product requirement, kemudian akan mempengaruhi product strategy, serta mempengaruhi wireframe, mockup, prototype, dan lainnya dalam berjalannya waktu.

Dengan menggunakan data yang real maka Empathy map akan berjalan sesuai dengan rencana, data tersebut dapat diperoleh melalui user research seperti wawancara pengguna. Selain dari itu, empathy map juga bisa dibangun dari pengetahuan designer dan feedback dari stakeholders. Jika dilihat dari penjelasan diatas maka dapat dilihatdan disimpulkan bahwa empathy map merupakan satu tool yang sangat bermanfaat dan penting. Dengan adanya wawancara para pengguna maka kita dapat mengetahui apa saja keinginan dan kebutuhan dari user, walaupun data dari empathy map ini tidak perlu didapatkan dari proses wawancara melainkan lewat survei pun data bisa didapatkan.

 

Contoh:

Salah satu contoh dari Empathy Map itu sendiri seperti yang dilampirkan pada Empathy Map dari Online Car Wash (OCW). Carwash app ini sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi yang menyediakan jasa pencucian mobil yang menyediakan layanan home service. Selain dari mencuci mobil, Online Car Wash App ini sendiri menyediakan berbagai macam fitur lain seperti detailing, service dan menjual beberapa produk kebutuhan mobil anda. Hal ini berangkat dari sebuah permasalahan di masa pandemi yang dimana sangat disarankan untuk dirumah dan meminimalisir kegiatan di luar dan adanya kebijakan PSBB dari pemerintah. Kami hadir menjadi menjadi solusi untuk kebersihan kendaraan dirumah anda.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close