People Innovation Excellence
 

UMKM

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM merujuk pada jenis bisnis yang memiliki skala kecil dan menengah, serta memiliki karyawan kurang dari 250 orang dan omset tahunan kurang dari Rp50 miliar. UMKM sering kali dijalankan oleh pemiliknya sendiri atau beberapa orang anggota keluarga, dan biasanya memiliki pasar yang lebih terbatas dibandingkan dengan perusahaan besar.

UMKM sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan. Selain itu, UMKM juga dapat memperkuat perekonomian lokal dengan mempromosikan keanekaragaman budaya dan produk lokal.

Pemerintah biasanya memberikan dukungan khusus untuk UMKM melalui program-program seperti pelatihan kewirausahaan, pembiayaan usaha, dan akses ke pasar. UMKM juga dapat bergabung dengan organisasi-organisasi bisnis dan koperasi untuk mendapatkan manfaat dari kolaborasi dan jaringan bisnis yang lebih besar.

Jika Anda memiliki bisnis skala kecil atau menengah, menjalankan UMKM dapat menjadi tantangan, tetapi juga memiliki potensi untuk memberikan banyak keuntungan. Dengan strategi yang tepat dan dukungan yang memadai, UMKM Anda dapat tumbuh dan berkembang untuk mencapai keberhasilan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close