Pedagang tradisional menghadapi persaingan dengan semakin banyaknya mall-mall
By Glory Aguzman
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang ditandai dengan transaksi secara langsung. Pedagang tradisional menghadapi persaingan dengan semakin banyaknya mall-mall disekitar pasar. Di samping persaingan dengan sesama pedagang pasar tradisional. Para pedagang sayuran, buah dan sembako memiliki strategi rasional sebagai jalan menghadapi persaingan. Penelitian ini mengangkat masalah (1) bagaimana kendala yang dihadapi para pedagang tradisional? (2) bagaimana pola strategi rasional pedagang tradisional untuk kelangsungan usahanya dan mendapatkan keuntungan? Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Kapasan Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang menghadapi kendala-kendala pengiriman, pelayanan dan pembayaran. Selain kendala waktu dan cuaca. Para pedagang mengatasi kendala itu dengan cara menjalin relasi dengan tengkulak, konsumen (pembeli), antar pedagang, petugas. Di samping kerja keras para pedagang, perilaku hemat,dan religi para pedagang
Published at :