Tujuan Minimum Viable Product dalam Bisnis
D6601 – Yogie Ajie Pratama
Minimum Viable Product adalah versi dari produk baru dengan fitur yang sangat sederhana tetapi mampu memberikan hasil maksimum tentang pengetahuan konsumen secara mudah. Mvp ini juga sangatb penting bagi perusahaan baru karena sangat membantu dalah pengembangan produk yang sering di lakukan startup karena stratup meniliki resiko yang sangat besar dalan meluncur kan produk yang pertamanya.
Tujuan dari MVP adalah membuktikan kebenaran hipotesis dasar bisnis, membantu seorang entrepreneur memulai proses pembelajaran secepat mungkin karena adanya desakan kecepatan informasi dalam dunia teknologi sekarang ini. Jika dijabarkan maka Minimum berarti bahwa produk aplikasi anda hanya mengandung fitur-fitur utama dan segala hal lain yang tidak diperlukan harus disingkirkan. Sedangkan Viable berarti bahwa produk anda memiliki kesempatan memiliki daya tarik dan menciptakan nilai yang berarti pada orang-orang. Nilai merupakan definisi yang luas. Sebagai contoh, game menyediakan hiburan, yang berarti nilai. Biasanya kita mempertimbangkan sebuah produk dapat terus berkembang jika app dapat menghasilkan keuntungan yang cukup yang dapat meminimalisir biaya mengembangkan produk.
Selain itu tujuan adanya mvp juga sebagai berikut:
- Membantu testing produk pada pengguna sungguhan
Tujuan utama dari MVP adalah tentu agar startup bisa segera merilis produknya. Pasalnya, ada kondisi di mana produk harus segera diluncurkan contohnya ketika ada momentum atau hari-hari penting yang bisa mendorong penjualan produk
- Hemat pengeluaran
Tujuan yang ketiga dari MVP adalah hemat pengeluaran, karena umumnya perusahaan start up yang masih baru dan belum mempunyai banyak dana seperti perusahaan startup yang sudah berjaya.
- Risiko gagal rendah
Karena dengan adanya mvp kita dapat memetakan apa saja yang harus di lakukan dengan itu maka resiko gagal sangat rendah
Dalam hal ini kesederhanaan demi mencapai hasil yang maksimum adalah kuncinya. Dengan kesederhanaan akan mengecilkan lingkup segmentasi market dengan memberikan sinyal spesifik pada product yang anda buat untuk mencapai tujuan dengan fungsi yang sangat tinggi. Dengan ini kita dapat menggunakan mvp untuk melakukan penjualan produk baru sehingga kita dapat meminimalisir resiko kegagalan dan juga memberikan kita strategi untuk lebih mengenal pasar atau konsumen sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa produknya mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.
Published at :