Persaingan E-commerce di Indonesia
by Desman Hidayat
Industri e-commerce di Indonesia merupakan industri yang besar. Pada saat ini, market dari industri e-commerce sudah sangat besar. Setiap harinya ada sekian banyak transaksi yang dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan berbagai macam e-commerce.
Di satu sisi, banyak perusahaan yang berpikir hal yang sama, sehingga persaingan di dunia e-commerce ini sendiri menjadi hal yang cukup berat. Sudah ada banyak e-commerce yang tidak berhasil bersaing, walaupun masih banyak e-commerce lainnya, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lainnya yang berusaha untuk mendapatkan market di Indonesia.
Persaingan dari perusahaan-perusahaan e-commerce sangatlah berat. Salah satu cara utama bagi perusahaan-perusahaan e-commerce ini untuk bersaing adalah dengan memberikan promosi atau pengurangan harga dari produk-produknya. Hal ini mungkin dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam waktu singkat, akan tetapi ini tidak sehat untuk bisnis tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya bisnis-bisnis e-commerce memikirkan cara lain untuk bisa bersaing. Inilah yang bisa menjadi kunci bila e-commerce ingin bertahan di dalam persaingan.
Published at :