People Innovation Excellence
 

INOVASI DAN DESIGN THINKING

Yunitasari Christanti

Inovasi dapat diartikan sebagai sebuah proses dan hasil dari pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki barang atau jasa, proses atau sistem yang baru. Dalam dunia kewirausahaan, dengan dilakukannya inovasi produk maka diharapkan akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Manfaat inovasi antara lain seperti memecahkan masalah, menciptakan keunikan dan meningkatkan produktivitas. Sehingga bisa dikatakan bahwa pola pikir inovatif dan kreatif sangat diperlukan untuk mengembangkan suatu usaha.

Salah satu metode yang menarik untuk mendorong pemikiran baru dalam inovasi adalah design thinking. Design thinking menyediakan metode pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk berfikir inovatif dan mengungkap peluang kreatif yang ada dan belum terlihat. Design thinking sebagai sebuah proses pemecahan masalah sangat menekankan pendekatan solusi praktis dan kreatif dari sisi pengguna atau konsumen.

Menggunakan design thinking dalam organisasi adalah metode terbaik untuk memahami, menyederhanakan proses dan meningkatkan pengalaman konsumen. Design thinking juga dapat meminimalkan resiko, mengurangi biaya dan juga menambah efisiensi. Bagi organisasi, design thinking bukan hanya sekedar proses menciptakan produk dan jasa tetapi dapat diterapkan pada system, prosedur dan pengalaman konsumen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close