INOVASI DAN DESIGN THINKING
Yunitasari Christanti
Inovasi dapat diartikan sebagai sebuah proses dan hasil dari pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki barang atau jasa, proses atau sistem yang baru. Dalam dunia kewirausahaan, dengan dilakukannya inovasi produk maka diharapkan akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Manfaat inovasi antara lain seperti memecahkan masalah, menciptakan keunikan dan meningkatkan produktivitas. Sehingga bisa dikatakan bahwa pola pikir inovatif dan kreatif sangat diperlukan untuk mengembangkan suatu usaha.
Salah satu metode yang menarik untuk mendorong pemikiran baru dalam inovasi adalah design thinking. Design thinking menyediakan metode pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk berfikir inovatif dan mengungkap peluang kreatif yang ada dan belum terlihat. Design thinking sebagai sebuah proses pemecahan masalah sangat menekankan pendekatan solusi praktis dan kreatif dari sisi pengguna atau konsumen.
Menggunakan design thinking dalam organisasi adalah metode terbaik untuk memahami, menyederhanakan proses dan meningkatkan pengalaman konsumen. Design thinking juga dapat meminimalkan resiko, mengurangi biaya dan juga menambah efisiensi. Bagi organisasi, design thinking bukan hanya sekedar proses menciptakan produk dan jasa tetapi dapat diterapkan pada system, prosedur dan pengalaman konsumen.
Published at :