People Innovation Excellence
 

Analisis Produk menggunakan Value Proposition Canvas dimulai dari Masalah (1)

D5485 – Kusumah Arif Prihatna

Value Proposition Canvas (VPC) merupakan alat yang menganalisis penawaran produk beserta fitur-fiturnya yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. VPC terdiri dari beberapa komponen seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut.

Product & Services merupakan penawaran produk yang dapat membantu Customer Job, atau urusan yang ingin diselesaikan. Pain Reliever merupakan fitur dan fungsi dari penawaran produk yang dapat mengatasi Pain, atau masalah yang timbul ketika urusan hendak diselesaikan. Gain Creator merupakan fitur dan fungsi dari penawaran produk yang dapat mengakomodasi Gain, atau harapan atau keinginan yang ingin didapatkan saat urusan hendak diselesaikan.

Suatu penawaran produk dapat dianalisis berdasarkan masalah yang muncul (Pain) ketika konsumen berupaya menyelesaikan urusannya (Customer Job), misalkan:

  1. konsumen yang menderita serbuan nyamuk ketika berupaya untuk istirahat. Serbuan nyamuk merupakan Pain, sedangkan upaya untuk istirahat merupakan Customer Job.
  2. Apa yang dapat mengatasi serbuan nyamuk? Suatu fitur yang dapat menghalau nyamuk (Pain Reliever).
    1. Lalu apa harapan yang ingin didapatkan saat konsumen hendak istirahat (Gain)? Konsumen menginginkan kepraktisan dan ruangan yang harum ketika berupaya untuk istirahat. Sehingga fitur yang dapat mengakomodasi Gain adalah produk yang praktis dan memungkinan untuk membuat ruangan harum (Gain Creator).
    2. Berdasarkan anaisis diatas, maka dari tiga kandidat produk yang ditawarkan, produk yang lebih memungkinkan bagi konsumen yang berupaya untuk istirahat adalah obat nyamuk bakar dengan fitur dapat menghalau nyamuk, dapat membuat ruangan beraroma dibandingkan lotion anti nyamuk, dan penggunaan yang praktis dibandingkan raket nyamuk.
    3. Sedangkan untuk mengakomodasi aroma yang harum, maka fitur yang ditambahkan adalah beraroma harum, sehingga produk yang ditawarkan adalah obat nyamuk bakar aroma harum.Lalu produk apa saja yang punya fitur menghalau nyamuk? Misal yang terpikirkan adalah raket nyamuk, obat nyamuk bakar, atau lotion anti nyamuk (Produk/Service)

    Lalu bagaimana jika pilihan produknya ditambahkan obat nyamuk semprot dan obat nyamuk bakar elektrik? Apa mungkin obat nyamuk semprot dan obat nyamuk bakar merupakan produk yang lebih sesuai bagi konsumen yang berupaya menyelesaikan urusannya?

    Dan selain masalah serbuan nyamuk, bagaimana jika masalah yang muncul adalah kesulitan mencari tukang bangunan ketika konsumen berupaya untuk merenovasi rumah? Atau bingung cara mencari jodoh ketika konsumen berupaya untuk mempunyai pasangan? Atau tidak tahu harus kemana ketika konsumen berupaya untuk liburan? Apa produk yang sesuai untuk membantu konsumen menyelesaikan urusannya?

    Silahkan dianalisis.

    Catatan: tulisan ini tidak mempromosikan produk, namun hanya untuk berbagi pengetahuan saja

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close